Sukses

Gigi Rapuh dan Gusi Kehitaman

28 Oct 2014, 12:35 WIB
Pria, 31 tahun.

kenapa gusi saya bisa berwarna Hitam ? Kenapa Gigi saya bisa rapuh ? apakah ada pengganti pasta gigi ? jika saya tidak menyukai pasa gigi.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya akan menjawab pertanyaan Anda satu persatu. Penyebab gusi menghitam atau pigmentasi gusi  terkait dua faktor yaitu endogen           ( berasal dari dalam tubuh) dan Eksogen (berasal dari luar tubuh), seperti terapi obat-obatan, logam berat, penyakit Addison,sindrom Albright's, sindrom Peutz jegher's, faktor bawaan seperti warna kulit dan gangguan endokrin. kebiasaan merokok juga menjadi penyebab dari pigmentasi gusi dan bergantung dari berapa banyak rokok yang dihabiskan juga berapa lama kebiasaan itu dilakukan.

Perawatan dan terapi untuk mengatasi pigmentasi gusi dapat dilakukan dengan beberapa cara dan hasilya cukup  memuaskan bagi pasien, terapi tersebut meliputi:

1. Tehnik Scalpel.

2.Cryosurgery.

3. Electrosurgery.

4. Laser.

Gigi rapuh  merupakan suatu kelainan pada gigi yang seharusnya tidak dibiarkan dan segara dirawat dengan bantuan dokter gigi, karena bila dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan yang semakin parah bahkan dapat menyebabkan terbukanya kamar saraf gigi atau kamar pulpa. Sejauh ini belum ada pengganti yang dapat menggantikan fungsi pasta gigi dengan baik,maka tentu saja Anda sebaiknya tetap menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar