Sukses

Kelainan Testis dan Donor Testis

16 Dec 2014, 12:17 WIB
Pria, 14 tahun.

Assalamu'alaikum wr wb dok.. gini dok, testis kan akan bekerja stabil apabila suhu di dalam tubuh itu pas, tapi apabila suhu dlam tubuh tsb, melebihi batas, atau kurang dari batas, apakah testis tsb akan mati, atau tdak ??? yg kedua, kebanyakan mnusia laki laki memiliki 2 buah testis, tapi jika testis yg satu mati, apakah testis yg blum mati akan bisa bekerja, dan kualitas spermanya sama dngn testis yg msih 2 ??? yg ketiga, ada juga manusia yg mempunyai testis lbih dri 2, itu gmana dok..,,??? yg keempat, apakan seorang yg mmpunyai testis lbih dri 2, bisa memberikannya kepada org yg mempunyai testis cuma 1..,,???? tolong di jawab yya dok, melalui e-mail saya, kmuammar7380@yahoo.com terimakasih atas kerjasamanya..,, wassalamu'alaikum wr wb..,,

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan menanggapi pertanyaan Anda satu per satu :

1. Testis akan bekerja stabil apabila suhu di dalam tubuh itu pas, namun apabila dalam suhu yang tidak sesuai apakah testis akan mati?

Testis merupakan kelenjar kelamin yang berjumlah sepasang dan akan menghasilkan sel-sel sperma serta hormon testosteron. Testis tidak akan mudah mati apabila berada dalam suhu yang tidak sesuai. Testis dilindungi oleh skrotum yang berfungsi salah satunya untuk menjaga suhu testis. Jika suhu terlalu panas maka skrotum mengembang dan sebaliknya jika suhu dingin skrotum mengerut sehingga testis lebih hangat.

2. Kebanyakan laki-laki memiliki 2 buah testis, tapi jika salah satu testis mati, apakah testis yg tersisa akan bisa bekerja dan kualitas spermanya sama dengan testis yang masih 2?

Masalah pada testis yang hanya satu memang dapat menjadi salah satu pertanda kesuburan dan berpengaruh terhadap volume dan kualitas sperma. Namun, apabila testis sebelah yang masih ada dapat memproduksi sperma dengan baik, maka sperma tetap dapat membuahi ovum dengan baik.

3. Bagaimana dengan lelaki yang memiliki testis lebih dari 2?

Kondisi dimana ada lebih dari 2 testis dinamakan sebagai Polyorchidism, kasus ini merupakan kasus yang sangat jarang terjadi. Hal ini merupakan kelainan kogenital dan memang biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Terdapat beberapa klasifikasi untuk penyakit ini dan hanya bisa diklasifikasi melalui pemeriksaan USG. Tindakan yang dapat dilakukan operasi bila keadaan ini sangat menganggu. 

4. Apakah seseorang yang memiliki testis lebih dari 2 dapat memberikannya kepada orang yg mempunyai testis hanya 1?

Menurut penelitian yang selama ini pernah dilakukan, transplantasi pada testis hanya dapat dilakukan dengan tipe autotransplantasi. Autotransplantasi artinya memindahkan suatu organ ke lokasi baru dari lokasi semula dalam satu tubuh (tubuh sendiri). Autotransplantasi testis dapat dilakukan untuk mengkoreksi seseorang dengan cryptorchidism/ undesensus testis atau retraktil testis di mana testis dalam kondisi tidak pada tempatnya (belum turun ke skrotum).

Sampai saat ini belum pernah ada penelitian mengenai transplantasi testis dari lelaki satu ke lekaki yang lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar