Sukses

Mual Pagi Hari dan BAB Berdarah

12 Dec 2014, 04:52 WIB
Wanita, 24 tahun.

mo tanya dok akhir2 ini q sering mual trs di pagi hari rasanya gag nyaman banget nd q jg mengalami bab berdarah dok.. knp ya apa ni berbahaya?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Kami mengerti kehawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda rasakan adalah mual di pagi hari. Banyak penyebab yang mengakibatkan seseorang mengalami gangguan mual di pagi hari, diantaranya adalah:

1. Kehamilan

2. Kadar gula darah yang rendah

3. Gangguan pencernaan baik di lambung atau usus: Gastritis, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), Irritable Bowel Syndrome (IBS)

4. Gangguan psikologis seperti stress, depresi.

Untuk membedakan penyebab di atas, diperlukan informasi sejak kapan keluhan tersebut anda alami? bagaimana dengan siklus menstruasi anda? apakah anda memiliki riwayat penyakit magg? apakah anda sedang memiliki pikiran yang cukup berat akhir-akhir ini?

Jika sebelumnya Anda sudah pernah terdiagnosa memiliki penyakit maag, kami sarankan Anda harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. Jika keluhan dirasakan semakin menganggu kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter.

Keluhan lain yang Anda alami adalah buang air besar(BAB) berdarah. Pada keadaan normal, BAB seharusnya tidak mengandung darah. Buang air besar dengan darah dapat menjadi pertanda dari beberapa jenis penyakit, seperti infeksi (disentri), wasir/hemoroid, polip usus besar, gastritis erosif (perlukaan pada lambung), kanker usus besar, sirosis hepatis (akibat pecahnya varises esofagus), inflamatorry bowel disease, lecet pada daerah anus karena feses yang keras, dan lain lainnya. 

BAB dengan darah yang berwarna hitam dapat disebabkan oleh gangguan pada saluran cerna bagian atas, seperti pecahnya varises esofagus pada penderita sirosis hepatis dan gastritis erosif. Sedangkan BAB dengan darah berwarna merah segar pada feses kemungkinan akibat kelainan yang terjadi di saluran cerna bagian bawah kanker kolon, wasir, disentri, dan sebagainya. Bagaimanakah dengan darah yang terdapat pada feses Anda?

Wasir/ambeien atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau dubur/anus. Keadaan ini umumnya ditandai oleh adanya benjolan di dubur dan juga bab dengan darah segar yang menetes pada akhir BAB. 

Untuk dapat memastikan diagnosa pasti dari keluhan yang anda alami, diperlukan pemeriksaan menyeluruh mulai dari wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang mungkin diperlukan. Setelah diagnosis ditegakkan, pengobatan yang optimal dapat dilakukang.

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar