Sukses

Terbangun di Malam Hari Karena Nyeri Menelan

07 Dec 2014, 17:35 WIB
Pria, 21 tahun.

pagi dok, tadi mlm saya tidurnya jam 12 malam, pas sy bangun yg sy rasakan nyeri menelan,demam,dan persendian ngilu. itu penyakit apa yah dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Adanya demam yang menyertai nyeri menelan mengarahkan kepada proses radang pada tenggorokan.

Radang tenggorokan merupakan istilah umum dari keadaan peradangan atau infeksi di sekitar tenggorokan. Lokasi sekitar tenggorokan meliputi rongga mulut bagian belakang, tonsil (amandel), bagian belakang tonsil atau laring, dan sekitarnya.

Penyebab tersering radang/ infeksi tenggorokan adalah virus, dan dalam frekuensi yang lebih sedikit bisa juga bakteri atau jamur. Infeksi tenggorokan ditularkan melalui percikan renik (droplet) saat penderita berbicara, bersin, batuk atau mencium anak.

Umumnya demam dan rasa tak enak badan (meriang, persendian ngilu), kadang disertai mual dan muntah sehingga membuat asupan minum dan makan berkurang, nyeri saat menelan, mulut berbau, batuk, pilek, dan hidung tersumbat/ berair.

Radang tenggorokan pada umumnya tidak memberikan dampak fatal, kecuali bila disebabkan kuman yang sangat patogen; seperti difteri. Kuman patogen ini menyebabkan timbulnya selaput (berwarna keputihan pucat) yang menyumbat saluran napas atas dan mengakibatkan kesulitan bernapas pada penderitanya sehingga dapat berdampak fatal.

Radang/infeksi tenggorokan biasanya akan sembuh sendiri, terlebih jika asupan nutrisi dan cairan tercukupi. Minuman yang terlalu dingin dapat memperberat gejala pada beberapa kasus. Gorengan asalkan tidak terlalu berminyak boleh-boleh saja dikonsumsi. Karena disebabkan virus dan dapat sembuh dengan sendirinya, terapi bagi radang tenggorokan umumnya dilakukan secara suportif (mengurangi gejala-gejala yang ada), seperti penurun panas, pelega saluran napas, pengencer dahak, serta asupa cairan dan nutrisi yang optimal. Pemberian antibioti akan dievaluasi lebih lanjut karena umumnya infeksi tenggorokan disebabkan virus.

Namun, jika dirasa Keluhan tidak juga membaik atau justru semakin memberat, Anda dapat segera memeriksakan diri kepada dokter terdekat untuk mencari tau penyebab yang mendasarinya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar