Sukses

Gatal pada Vagina

30 Oct 2014, 13:47 WIB
Wanita, 17 tahun.

Hallo dokter nama saya shabila sering dipanggil gadis saya kelas 3 sma . Sudah 4 bulan ini saya sering mengalami gatal du daerah vagina dan itu timbul bentol bentol jugak. Apakah saya terkena gejala kanker? Saya sudah berusaha menjaga kebersihan. Namun hal ini gak terjadi pada saat saya menstruasi. Saya sering sekali khawatir tentang hal ini

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: sudah berapa lamakah Anda mengalami keluhan seperti ini? Apakah keluhan gatal diikuti dengan keputihan? 

Gatal pada vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah jamur, parasit, ataupun kutu. Apabila diikuti dengan keputihan yang kental bergumpal-gumpal seperti susu maka kemungkinan jamur, bila dengan keputihan yang berwarna kehijauan maka kemungkinan disebabkan parasit. Bila ada seperti titik darah di celana dalam dan sangat gatal di pubis mungkin disebabkan oleh kutu pada rambut pubis. Namun bisa juga gatal disebabkan karena vagina yang lembab dan kebersihannya kurang terjaga.

Saran kami adalah jagalah kebersihan vagina Anda dengan mengeringkan vagina dan sekitarnya menggunakan handuk setelah BAB atau BAK, sering berganti celana dalam, dan menggunakan handuk sendiri. Apabila gatal belum berkurang juga kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Berikut kami sertakan beberapa artikel untuk Anda:

4 Tanda Vagina Anda Bermasalah

5 Cara Menjaga Kebersihan Vagina yang Tepat

Ketika Vagina Sudah Tidak Ampuh lagi

Waspadai Gatal Pada Vagina

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar