Sukses

Masalah Psikologi di Usia Muda

07 Dec 2014, 14:05 WIB
Wanita, 13 tahun.

Permisi dok. Langsung saja, saya ada masalah di rumah dan di sekolah. Orangtua saya tidak harmonis. Dan sering melakukan kekerasan. Di sekolah saya tak punya teman. Saya "socially awkward" mungkin "lebay" bagi anak seusia saya merasa stress tapi yah saya merasa begitu. Kadang jantung saya tiba-tiba berdetak cepat. Mungkin seandainya bisa lebih privat saya akan bercerita lebih banyak lagi. Sementara sekian dulu, terimakasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Setiap manusia tentunya mempunyai masalah, baik fisik, mental, maupun sosial. Bagaimana cara menghadapi masalah berbeda pada setiap individu, tergantung bagaimana masing-masing menanggapinya. Tentu Anda sudah sering mendengar 'Masalah jangan selalu dipendam', pendapat tersebut memang benar. Dari segi medis, bila masalah psikologi tidak diatasi, maka akan berakibat pada masalah fisik, dan sebaliknya. Iniah yang dapat terjadi Anda dimana masalah psikologik dan emosi berpengaruh mengeksaserbasi gejala fisik seperti jantung berdebar cepat dan lainnya. Oleh karena itu, cobalah untuk menyelesaikan masalah Anda satu persatu.

Anda dapat memulainya dengan menjadi pribadi yang lebih terbuka dan mau berbagi masalah tentang apa yang Anda alami dan Anda rasakan kepada orang terdekat, tidak harus dengan orang tua, bisa dengan guru, sahabat, kakak ataupun adik. Jika Anda mengalami kesulitan dalam komunikasi, Anda dapat mengutarakannya dalam bentuk cerita atau gambar, sehingga orang disekitar Anda dapat mengerti perasaan yang sedang Anda rasakan.

Pada saat timbul keluhan fisik seperti berdebar-debar, rasa sesak, atau berkeringat, cobalah untuk tetap tenang dengan mengambil nafas dalam. Anda juga dapat mengalihkan pikiran Anda dikala pemicu stress tersebut datang dengan berolah raga teratur atau melakukan aktivitas yang disenangi (menyanyi, menari, menonton film komedi, berjalan-jalan) dan tetap menerapkan perilaku hidup sehat.

Cobalah untuk selalu berpikir positif dan manajemen stres Anda dengan baik. Cobalah untuk melihat satu masalah dari sudut pandang yang berbeda, apa alasan timbulnya masalah yang Anda hadapi, dan bagaimana cara Anda untuk menghadapinya. Buanglah jauh-jauh pemikiran yang akan merugikan diri Anda sendiri, atau bahkan ide bunuh diri.

Terakhir, bila Anda merasa tidak mampu lagi menghadapinya ketika masalah Anda menjadi semakin berat, jangan ragu untuk meminta pertolongan orang lain. Berbicaralah kepada guru konseling, atau orang dewasa yang mau mendengarkan Anda dan tentunya Anda bisa berkonsultasi juga dengan psikiater.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar