Sukses

Penanganan Ptosis di Usia Dewasa

04 Dec 2014, 21:45 WIB
Pria, 21 tahun.

bagaimana cara mengatasi mata ptosis? apakah masih bisa dilakukan operasi saat umur sudah menginjak umur 20an?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Ptosis atau bahasa awamnya kelopak mata lunglai atau penurunan kelopak mata bagian atas. Ptosis dapat didapatkan sejak lahir (kongenital) maupun didapatkan kemudian akibat penuaan maupun kondisi medis tertentu. Ptosis kongenital biasanya disebabkan oleh tidak sempurnya perkembangan otot levator palpebra (otot yang mengangkat kelopak mata). Ptosis yang didapat dapat disebabkan oleh penyakit seperti myastenia gravis, sindroma horner, xanthelasma, gangguan pada saraf yang mempersyarafi otot mata, maupun trauma pada mata.Ptosis dapat menyebabkan ambliopia (mata malas) dan strabismus.

Ptosis dapat diperbaiki dengan melatih otot mata yang terkena. Cara melatihnya adalah dengan memaksa melihat menggunakan mata tersebut selama beberapa menit tiap jamnya untuk secara bertahap membangun toleransi otot.

Bila latihan tidak berhasil, kondisi ptosis tersebut dapat diatasi dengan operasi yang disebut blepharoplasty. Operasi tersebut bertujuan mengencangkan" otot levator mata yang berperan dalam membuka kelopak mata sehingga dapat mengembalikan kelopak mata ke posisi semula. Operasi ini bisa dilakukan saat usia anak-anak maupun saat sudah dewasa.

Mengenai biaya operasi berbed-beda bergantung dari masing-masing dokter dan rumah sakit. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis mata agar dapat diberikan penanganan yang sesuai dengan penyebab ptosis yang dialami Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar