Sukses

Rokok Elektrik Tanpa Nikotin

06 Dec 2014, 15:54 WIB
Pria, 14 tahun.

Dok, apakah rokok elektrik tanpa nikotil itu berbahaya bagi orang yg belum pernah mencoba rokok biasa? Karena yg saya dengar, rokok elektrik yg berbahaya adalah rokok elektrik yg mengandung nikotil. Trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Rokok elektrik adalah alternatif pengganti rokok yang dewasa ini mulai beredar di pasaran. Hingga saat ini belum ada satu pun penelitian medis yang menyatakan keamanan maupun ketidakamanan rokok ini. Secara logika, kandungan nikotin yang terkandung didalamnya tetap memiliki efek candu atau ketergantungan. Apabila berhenti mengkonsumsi rokok elektrik, pengguna tetap akan mengalami sindroma putus konsumsi, seperti mudah marah, depresi, gelisah dan cemas. Layaknya rokok biasa, rokok elektrik tetap berbahaya bagi penderita jantung dan terbukti merusak lapisan pembuluh darah.

Bila kini telah muncul rokok elektrik tanpa nikotin, kemungkinan dampak negatif tadi bisa dihindari. Namun, jawaban dari ketergantungan rokok adalah dengan berhenti merokok, bukan malah berganti ke jenis lain dari bentuk rokok. Dan bukan merupakan suatu alternatif bagi seseorang yang memang tida merokok sebelumnya.

Sampai saat ini belum ada penelitian skala besar yang menyimpulkan keamanan dan memaparkan efek samping jangka panjang dari rokok elektrik ini. Tapi jika telah diketahui tidak ada manfaatnya, untuk apa kita melakukan kebiasaan yang belum jelas efek sampingnya, bukan?!. Untuk itu, Kami sarankan untuk menghindari merokok, baik rokok biasa maupun rokok elektrik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar