Sukses

Campak Di Anak-Anak

27 Oct 2014, 16:27 WIB
Wanita, 6 tahun.

Jika anak terkena campak, apakah ada penanganan khusus? dan apakah ada hal-hal yang harus dihindari selama anak masih terkena campak? Lalu bagaimana cara terbaik mengobati campak?

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Campak mempunyai gejala pada awalnya demam tinggi, batuk, pilek, mata merah yang muncul, silau bila terkena cahaya dan seringkali diikuti diare. Setelah itu muncul bintik-bintik kemerahan yang muncul pertama kali di wajah pada daerah batas rambut dan dahi, serta belakang telinga, menyebar ke badan sampai pada kaki. Bintik-bintik merah ini terasa gatal dan bertahan selama 5-6 hari. Setelah itu, bintik-bintik merah akan berangsur-angsur menghilang sesuai urutan timbulnya dan menjadi kehitaman lalu mengelupas yang akan menghilang setelah 1-2 minggu. Penyakit ini disebabkan oleh virus, sehingga dapat sembuh sendiri.

Istirahat total disarankan untuk mempercepat penyembuhan penyakit ini. Obat-obat yang dapat diberikan adalah obat-obat simtomatik untuk meredakan gejalanya saja seperti obat penurun panas (paracetamol, ibuprofen), obat batuk pilek (OBH, efedrin, CTM).

Konsumsi Vitamin C juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan penyakit campak. Pada anak-anak dengan resiko kekurangan vitamin A maka dapat juga diberikan suplement vitamin A. Pemberian cairan yang cukup diperlukan untuk mencegah dehidrasi akibat diare. Bila ada komplikasi seperti dehidrasi akibat diare berkepanjangan, anak menjadi sulit makan, kejang, demam > 40 derajat celcius, segera bawa anak tersebut ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Untuk penanganan Anda dapat konsultasi ke doter specialis anak. 

Salam,

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar