Sukses

Benjolan Seperti Kelereng di Payudara = Kanker?

02 Nov 2014, 02:14 WIB
Pria, 28 tahun.

ada benjolan di payu dara spupu ku,seperti kelereng,itu kanker/bukan?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Benjolan (tumor) di payudara dapat dibagi menjadi tumor jinak atau tumor ganas (kanker).Kebanyakan benjolan jinak pada payudara berasal dari perubahan normal pada perkembangan payudara, siklus hormonal, dan perubahan reproduksi. Jenis benjolan jinak diantaranya adalah mammary dysplasia, Papiloma intraduktal, FAM, dan sistosarkoma filodes. 

Gejala dari benjolan jinak maupun ganas bervariasi, umumnya adalah berupa benjolan yang secara tidak sengaja ditemukan pada pemeriksaan sendiri maupun pemeriksaan fisik oleh dokter.Namun terdapat beberapa gejala benjolan yang mengarah ke keganasan, diantaranya adalah :

  • pembengkakan atau benjolan di ketiak
  • kulit di sekitar payudara mengerut seperti jeruk atau disebut peau d'orange
  • puting tertarik ke dalam
  • keluar cairan dari puting, dapat darah, bening, atau warna lain
  • nyeri di benjolan (namun ini subjektif)
  • perubahan dari puting seperti rasa gatal, panas, perlukaan

Dua jenis alat yang digunakan untuk mendeteksi dini benjolan pada payudara adalah mammografi dan ultrasonografi (USG). Mammografi adalah metode terbaik untuk mendeteksi benjolan yang tidak teraba namun terkadang justru tidak dapat mendeteksi benjolan yang teraba atau kanker payudara yang dapat dideteksi oleh USG.

Kami tidak dapat mengetahui secara pasti penyebab dari benjolan pada payudara sepupu Anda, oleh karena itu kami sarankan agar sepupu Anda dapat mengunjungi dokter spesialis bedah onkologi untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis dengan demikian sepupu Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal.

Berikut beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat untuk Anda baca: 

Giimana Sih, Payudara yang Normal?

Perempuan, Waspadai Benjolan di Payudara Anda!

3 Faktor Risiko Kanker Payudara

Benjolan di Payudara Belum Tentu Kanker

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar