Sukses

Nyeri Sendi di Pagi Hari

06 Dec 2014, 23:27 WIB
Pria, 31 tahun.

Dok, tiap bangun pagi saya selalu lemas & persendian terasa nyeri, bgmn solusinya? Tks

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun, Informasi yang Anda berikan belum cukup untuk Kami agar dapat mengetahui penyebab keluhan Anda tersebut. Apakah sebelumnya Anda melakukan aktifitas yang cukup berat? Apakah ada gejala lain selain nyeri sendi, seperti rasa kaku terutama pagi hari saat bangun tidur, demam, kemerahan atau bengkak pada sendi?

Nyeri pada persendian dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk asam urat dan arthritis. Namun, kedua penyakit tersebut biasanya ditemukan pada usia lanjut, meskipun dapat pula ditemukan pada usia muda. Nyeri pada lutut seringkali disebabkan oleh kelainan sendi yang disebut osteoarthritis (radang sendi). Untuk menegakkan diagnosisnya diperlukan pemeriksaan foto rontgen bagian lutut anda.

Nyeri sendi dapat dikurangi dengan mengkonsumsi obat anti nyeri seperti paracetamol, ibuprofen, natrium diklofenak, aspirin. Namun obat tersebut tidak boleh digunakan sembarangan dan berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping. Pijat hanya akan mengurangi gejala jika penyebab nyeri adalah kekakuan otot misal pada saat kondisi kelelahan atau posisi duduk yang tidak benar. Jika penyebabnya radang sendi, pijat tidak akan membantu.

Sayang sekali, Kami tidak bisa memberikan kepastian diagnosis tanpa adanya wawancara medis yang lebih mendalam, pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Untuk itu, Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter terdekat, dan bila keluhan ini dirasa cukup berat maka dokter dapat merujuk Anda kepada spesialisasi terkait.

 

Berikut Kami sertakan artikel yang sekiranya bermanfaat bagi Anda :

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar