Sukses

Demam Di Bayi

24 Oct 2014, 17:44 WIB
Pria, 31 tahun.

Dok, bagaimana mengatasi demam pada bayi 5 bulan?apakah langsung dibawa ke dokter atau diberi obat penurun panas saja dulu? Tks.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Demam merupakan suatu mekanisme tubuh yang normal. Jadi saat tubuh sedang melawan infeksi atau peradangan maka dapat muncul demam. Demam pada anak/bayi yang berlangsung lebih dari 3 hari harus segera dibawa ke dokter karena ditakutkan adanya infeksi. Apakah ada keluhan lain selain demam? Terutama apabila setelah diberi obat demam, namun masih demam tinggi maka sangat baik bila Anda membawanya ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan.

Antipiretik(obat demam) memang sebaiknya baru diberikan pada anak apabila suhu badan melebihi 38c. Yang perlu diwaspadai pada anak di bawah 5 tahun dengan demam tinggi adalah kemungkinan anak tersebut mengalami Kejang Demam. Hal ini terutama perlu menjadi perhatian apabila terdapat riwayat Kejang Demam di keluarga.  Antipiretik oral (parasetamol) dapat diminum 4 jam sekali atau 6x/hari untuk menurunkan demam.

Apabila suhu sudah melebihi 39c dan tidak turun dengan pemebrian antipiretik oral/4jam, maka dapat diberikan antipiretik supositoria atau antipiretik yang diberikan melalui anus (dubur). Antipiretik ini diberikan sesuai dengan berat badan anak dan HANYA diberikan apabila suhu badan melebihi 39c. Selanjutnya sebaiknya dimaintenance dengan antipiretik oral. Ibu dapat menyimpan antipiretik supp dengan zat aktif parasetamol di suhu ruang (dalam bentuk cair) atau di kulkas (dalam bentuk padat). Dosis parasetamol supp untuk anak dengan berat badan 16 kg adalah 250mg.

Saya tekankan kembali bahwa penggunaan antipiretik supp ini hanya diberikan bila suhu lebih dari 39c dan sebaiknya jangan menjadi suatu rutinitas untuk menurunkan demam. Apabila demam sudah berlangsung selama 3 hari dan suhu masih belum turun dengan penanganan demam nonmedikamentosa kombinasi dengan antipiretik, maka sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk evaluasi lebih lanjut. Untuk sementara juga berikan ASI yang cukup untuk bayi anak Anda.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar