Sukses

Rasa Menggelitik di Tenggorokan

27 Oct 2014, 13:43 WIB
Pria, 55 tahun.

Obat batuk apa yang cocok untuk adanya rasa menggelitik ditenggorokkan ,setelah di-batukkan beberapa Kali baru ada dahak agak kental bisa di.keluarkan ? Catatan : saya sudah mencoba obat batuk Woods ,obat batuk Bisolvon (yg mengandung Expektorant ,obat batuk Benadryl ,obat batuk Hitam dan obat batuk Hitam. Tetapi sampai saat ini belum ada hasilnya Selain itu saya juga telah coba minum perasan jeruk Nip is plus Madu. Jadi obat batuk apakah yg se

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.
Terima kasih atas pertanyaan Anda.
 
Kami memahami kekhawatiran Anda. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, keluhan Anda adalah rasa menggelitik pada tenggorokan. Untuk memperoleh pengobatan yang optimal, perlu diketahui terlebih dahulu apakah penyebab rasa menggelitik pada tenggorokan Anda. Apakah saat ini anda sedang mengonsumsi obat seperti obat untuk hipertensi, jantung atau lainnya? 
 
Rasa menggelitik atau gatal pada tenggorokan bisa disebabkan oleh hal seperti alergi, peradangan, infeksi, efek samping obat, dan sebagainya. Jika gatal tenggorokan disertai demam dan batuk kemungkinan penyebabnya adalah infeksi bakteri/virus, sehingga diperlukan obat seperti antibiotik untuk infeksi bakteri, dan daya tahan tubuh cukup untuk melawan infeksi virus. Apabila keluhan dirasakan sejak Anda mengonsumsi suatu jenis obat seperti untuk hipertensi atau penyakit jantung, maka dapat disebabkan oleh efek samping obat tersebut, sehingga perlu dikonsultasikan dengan dokter yang memberi obat tersebut. Apabila disebabkan oleh alergi, maka Anda perlu menjaga daya tahan tubuh dan menghindari alergen yang menimbulkan gejala tersebut.

Diperlukan informasi yang lebih lengkap dan pemeriksaan fisik untuk menegakkan diagnosis penyakit Anda. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter  umum atau THT untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut, jangan lupa untuk menginformasikan kepada dokter apabila terdapat obat yang sedang Anda konsumsi, atau bila ada riwayat alergi. 

Mengenai pertanyaan tentang nama produk obat, dikarenakan etika profesi kedokteran yang kami junjung, kami terbatas menjawab informasi yang dibutuhkan.

Sementara itu, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan yaitu istirahat cukup, minum air putih setidaknya 1.5-2 Liter sehari, makan makanan sehat dan bernilai gizi baik untuk mempercepat proses penyembuhan, dan konsumsi makanan/minuman hangat untuk mengurangi gejala.

 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar