Sukses

Lumpuh Setelah Operasi Tulang Belakang
23 Oct 2014, 11:55 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya bulan januari 2014 dioperasi di tulang belakang dikarenakan virus TB paru2 dan pasca operasi setengah badan saya lumpuh saya sudah rutin phisioterapy dan saya rutin minum obat tb, untuk syaraf saya pake bermacam2 obat herbal, tapi sudah 10 bulan jangankan untuk jalan, untuk berdiripun saya tidak kuat, saya merasa tidak ada perkembangan berarti bisa dokter memberikan saran obat medis yang baik saya konsumsi? Atau advice untuk tindakan medis lain? Mohon petinjuknya

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan atas kondisi Anda saat ini. Namun pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: operasi tulang belakang pada bagian manakah yang Anda maksud (misalnya area thoracal, lumbar, dsb)? Setengah badan lumpuh yang Anda maksud apakah sebagian saja misalnya bagian kiri atau kanan saja atau separuh badan bawah yaitu kedua kaki Anda?

Sebetulnya sulit bagi kami untuk menginformasikan tindakan apa yang harus Anda jalani. Karena kami perlu mengetahui data lebih detail mengenai keadaan Anda, hasil pemeriksaan CT Scan, MRI, kondisi pasca operasi, apakah yang bisa menyebabkan kelumpuhan pasca operasi Anda, dsb. 

Untuk saat ini kami menganjurkan Anda untuk meneruskan fisioterapi Anda, janganlah bosan melakukan fisioterapi karena fisioterapi dapat memberikan stimulus bagi saraf Anda agar dapat bergerak. Jika penyebabnya adalah cedera saraf, hal lain yang dapat menjadi alternatif adalah terapi sel punca atau stem cell. Namun terapi ini, masih diujicobakan secara klinis. 

Kami menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter yang mengoperasi Anda atau mengunjungi dokter spesialis bedah saraf atau dokter spesialis ortopedi guna second opinion.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga masalah Anda lekas teratasi dan Anda dapat lekas sembuh. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar