Sukses

Sakit pada Paha hingga Kaki

23 Oct 2014, 12:15 WIB
Wanita, 42 tahun.

Selamat malam, dok. Ibu saya berumur 42th, tidak ada riwayat penyakit besar, namun beliau sering mengeluhkan sakit pada bagian paha ke bawah sampai kaki, tapi lebih sakit dibagian sendi kakinya, dok. Beliau selalu minta saya untuk browsing apa yang harus dikonsumsi agar sakitnya hilang, saya suruh cek dokter beliau tidak mau dengan alasan hanya sakit dibagian sendi saja, jadi beliau kalau berdiri lama(nyuci, nyetrika) setelahnya lgsg naik tangga itu ngilu, sakit, capek, pegal. Apakah yang harus dikonsumsi ibu saya dan saran dokter sangat saya butuhkan, dok. Terimakasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Keluhan nyeri pada paha hingga kaki ibu Anda dapat disebabkan oleh gangguan otot, pembuluh darah, dan saraf. Apakah ibu Anda ada riwayat trauma atau pernah terjatuh?

Nyeri pada otot mungkin saja terjadi akibat pekerjaan yang dilakoni oleh ibu Anda yaitu berdiri lama (1-2 jam) dan mungkin tanpa melakukan aktifitas di kaki sehingga aliran darah menjadi kurang lancar dan otot menjadi kaku.

Kami sarankan apabila akan berdiri dalam jangka waktu lama, sesering mungkin gerakkanlah kakinya. Proses menggerakkan kaki ini (atau berjalan sebentar) dilakukan untuk melancarkan aliran darah dan membuat otot menjadi lemas. Hal ini juga serupa dengan para pengendara yang terus menerus duduk dan tidak menggerakkan kakinya. Selain itu sarankan ibu Anda untuk menurunkan berat badannya, karena berdasarkan data yang Anda berikan, ibu Anda memiliki berat badan yang berlebih. Berat badan yang berlebih dapat memberikan beban pada kaki ibu Anda. 

Untuk sementara, Anda dapat memberikan ibu Anda obat penghilang rasa nyeri yang dijual bebas seperti natrium diklofenak ataupun piroxicam. Apabila keluhan berlanjut kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar