Sukses

Kebersihan Gigi Anak

28 Oct 2014, 11:38 WIB
Wanita, 26 tahun.

kapankah sebaiknya anak diajarkan gosok gigi? anak saya umur 16 bulan sudah tumbuh gigi lengkap tapi mulai tampak kecoklatan di gigi depan/serinya? bagaimana solusinya.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi gigi Anak Anda. Anda dapat membantu membersihkan gigi anaknya yang masih balita dengan menggunakan kasa atau kapas bersih yang disapukan ke permukaan gigi. Kadang anak yang masih berusia di bawah 5 tahun sangat sulit untuk disuruh menyikat gigi. Nah, di sinilah letak peran ibu. Sekedar perintah mungkin tidak mempan untuk membuat anak mau menyikat gigi. Tapi kalau Anda mengajak si anak bersama-sama  menyikat gigi, saat mandi misalnya, maka anak dapat memperhatikan dan mencontoh kebiasaan Anda. Jadikan saat penyikatan gigi menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Misalnya dengan menggunakan sikat gigi dengan bentuk yang lucu, atau pasta gigi khusus anak dengan gambar-gambar dan bentuk yang lucu. Selain itu, mendidik anak dengan modelling biasanya membuahkan keberhasilan. Jadi orang tua bukan hanya mengajak tapi juga bersama-sama menyikat gigi. Atau Anda terlebih dulu memberi contoh di depan anak. Bisa juga dengan mengajak kakak atau sepupunya yang lebih besar dan sudah terbiasa menyikat gigi untuk bersama-sama menyikat gigi.
 
Tapi bila anak belum mampu menyikat gigi sendiri makan Anda harus berperan aktif dalam membantunya menyikat gigi. Hindari makanan yang manis dan lengket serta kebiasaan minum susu sampai tertidur karena dapat memperparah gigi anak Anda yang telah mengalami kecoklatan.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
 
Salam,
 

0 Komentar

Belum ada komentar