Sukses

Urat Nadi Pergelangan Tangan Tertekan seperti Kesetrum

23 Oct 2014, 15:51 WIB
Pria, 46 tahun.

mau tanya,urat nadi dipergelangan tangan kalo tertekan rasanya seperti kesetrum?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami tidak dapat menyimpulkan dengan pasti kondisi Anda tanpa melakukan pemeriksaan langsung, namun bisa jadi keluhan yang Anda alami disebabkan karena adanya penekanan pada nervus atau saraf medianus yang mempersarafi pergelangan tangan Anda. 

Apakah Anda merasa nyeri pada pergelangan tangan Anda setelah mengetik dalam waktu lama? Atau pernahkah Anda mengalami rasa seperti kesemutan pada jari-jari tangan Anda setelah mengendarai motor dalam jarak jauh?

Bila Anda mengalami hal seperti di atas, mungkin Anda terkena CTS. Apakah itu CTS ? CTS merupakan singkatan dari Carpal Tunnel Syndrome. Carpal  berarti pergelangan tangan.

Bila terjadi penekanan pada saraf tersebut maka dapat timbul rasa nyeri, sensasi seperti terbakar, atau rasa kesemutan terutama pada jari-jari tangan. Nyeri yang ditimbulkan terjadi terutama pada malam hari yang sering membuat penderita terbangun dari tidur karena merasakan sakit.

Posisi saat bekerja menggunakan tangan dalam keadaan posisi tidak benar dan berlangsung dalam waktu lama dapat menyebabkan terjadinya sindroma ini. Untuk mencegahnya, posisikan tangan Anda dalam posisi yang benar saat bekerja. Bila bekerja menggunakan tangan dalam waktu lama sempatkan untuk mengistirahatkan tangan Anda sekitar 10 menit supaya tidak berada dalam posisi sama dalam waktu lama.

Bila Anda sudah terlanjur terkena sindrom ini, yang dapat dilakukan adalah mengkonsumsi penghilang nyeri dan obat anti inflamasi. Obat-obat ini dapat meringankan keluhan Anda. Selain itu sebaiknya Anda mengurangi aktivitas tangan Anda selama 7 – 10 hari. Terkadang intervensi bedah diperlukan untuk membebaskan saraf pergelangan yang terjepit.

Oleh karena itu kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis saraf jika keluhan dirasakan mengganggu. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (NO)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar