Sukses

Efek Samping OAT

18 Dec 2014, 12:41 WIB
Pria, 44 tahun.

tanya dok, bpk saya mengidap tbc paru usia 70 th (perokok( dan berhenti sejak mulai pengobatan tbc) hypertensi dalam terapi, tbc sedang dalam terapi bulan ke 10 target 18 bulan, masalahnya selam proses terapi bpk saya mengeluh lutut bengkak dan sakit (atritis), mata tidak bisa melihat, bicara ngelantur seperti orang pikun sampai pingsan kami telah konsul tasi dengan dokter yang menanganinya( prof. dr. sp paru ) tapi dia pun kelihatanya merasa heran dengan obat yang diberikan dan sekarang sudah diberikan 12 macam obat ( obat utama paru dan pendamping ) sering pengobatan ini tertunda karna kondisi pasien tidak sadar/pingsan pertanyaan nya ; apakah bpk saya over dosis, bagaimana agar erapi berjalan lancar sesuai target trima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dalam menjalani terapi tuberkulosis, adakalanya dihadapi efek samping obat tuberkulosis. Efek samping ini jarang terjadi, jika terjadi berkonsultasilah kembali kepada dokter Anda agar dapat mendeteksinya dan mengatasinya.  Dokter akan mencoba untuk menemukan obat yang dapat ditoleransi oleh hati Anda. Biasanya, obat akan dimulai lagi secara bertahap sampai ditemukan kombinasi obat yang cocok untuk penderita.

Jadi jangan berhenti berobat jika ada efek samping obat. Makanan yang baik akan meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu keberhasilan terapi. Namun untuk menjadikan kuman tuberkulosis tidak aktif, diperlukan obat tuberkulosis yang diminum secara teratur dan lamanya sesuai dengan lama terapi yang dianjurkan dokter Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar