Sukses

Cedera Keseleo pada Pergelangan Kaki
23 Oct 2014, 16:45 WIB
Wanita, 32 tahun.

Malam Dok, Saya Nadira, Mau ceritasedikit dari awal, jumat malam kemarin sy cedera keseleo ankle posisi nekuk ke dalam dok sebelah kanan, saat itu juga pembengkakan langsung muncul di telapak kaki, ankle, dan betis.. Karena malam dan saat itu sy dibawa ke tukang urut yang ternyata bukan tukang urut untuk patah tulang.. Hari sabtunya semakin parah, jalan sedikit sakitnya luar biasa, tapi sy paksa jalan untuk melatih urat2nya karena sy berfikir ini tukang urut yang untuk patah tulang.. Karena tidak sembuh juga, sy dibawa lagi hari minggunya ke tukang urut yang khusus untuk patah tulang bener, Ada perkembangan dok, kaki yang semula biru legam, skr aga berkurang, tp untuk sebelah pinggir kanan masih biru.. Tidur pun sudah bisa ke kanan atau kiri, dan jalan sudah mulai bisa sedikit2 Tapi untuk naik tangga positif tidak bisa sampai detik ini.. Yang sy tanyakan, Untuk pengobatan medis, apa yg seharusnya dilakukan? Dan berapa hari proses penyembuhannya? Karena sudah 4 hari sy tdk dapat bekerja total, dan berjalan dengan normal.. Mohon di advise ya dok, Terima kasih sebelumnya

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda saat ini. Namun pertama-tama kami perlu menanyakan beberapa hal seperti: bagaimana awal mula terjadinya cedera tersebut? Apakah terdapat kemerahan atau luka terbuka pada pergelangan kaki Anda? Apakah Anda juga merasakan kesemutan? 

Berdasarkan cerita Anda, sepertinya Anda belum melakukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen sama sekali. Keseleo atau dalam dunia medis disebut juga dengan dislokasi dapat mencederai otot, saraf atau tulang Anda. Untuk itu kami menganjurkan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis ortopedi guna penanganan lebih lanjut. Selain itu juga untuk mengetahui apakah Anda murni hanya dislokasi atau terdapat tulang yang patah atau keseleo. 

Jika setelah dilakukan pemeriksaan rontgen, Anda ternyata "hanya" mengalami dislokasi, maka dokter biasanya akan memberikan splint dan Anda akan dianjurkan untuk fisioterapi. Sedangkan bila terjadi patahan atau fraktur, maka penalataksanaannya tergantung dari berat dan derajat fraktur yang Anda alami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar