Sukses

Cairan di Paru

04 Dec 2014, 23:02 WIB
Pria, 40 tahun.

Salam untuk Klikdokter.com, Kakak ipar saya (wanita, umur antara 30-35 thn) baru melahirkan anak ke-3 lewat operasi (2bln lalu) dan baru mengalami keluhan sesak nafas (kurang lebih seminggu), hasil rontgen katanya pihak rumah sakit ada cairan di Paru, mau tanya tentang cairan di Paru, yaitu: 1. Apakah yang menyebabkan cairan di paru? 2. Selain cek rontgen, apalagi yang harus dicek untuk memastikan tentang cairan di Paru tersebut? 3. Bisa kah lewat rubrik ini mendapatkan second opinion? 4. Bagaimana tindakan untuk penyembuhan? Terimakasih.

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Adanya cairan di paru atau efusi pleura (paru terendam air) menandakan adanya cairan pada rongga pleura. Salah satu penyebab paling sering timbulnya cairan adalah infeksi. Adanya cairan dapat menghambat proses pengembangan paru dalam proses pernapasan.

Namun yang paling penting adalah mengetahui penyebab terjadinya efusi pleura tersebuut. Apakah kakak ipar Anda memiliki gejala, seperti batuk, demam, penurunan berat badan atau memiliki riwayat penyakit pada paru?

Untuk mengerahui adanya efusi pleura, diperlukan pemeriksaan menyeluruh mulai dari wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang seperti Rontgen dada. Apabila pada hasil Rontgen dada didapatkan gambaran efusi pleura, dapat dilakukan pengamabilan cairan tersebut untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Mohon maaf karena kami tidak dapat menentukan diagnosis pasti tanpa informasi lengkap dan pemeriksaan fisik secara langsung, dan untuk dapat memberikan second opinion diperlukan hal-hal tersebut. Pengobatan efusi pleura tergantung dari banyaknya jumlah cairan, beratnya gejala yang timbul dan juga penyebab yang mendasarinya. Untuk itu, kami sarankan kakak ipar Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis paru untuk pemeriksaan lebih lengkap dan penanganan segera sebelum penyakit tersebut semakin parah kondisi tubuh kakak ipar Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar