Sukses

Benjolan Antara Anus & Vagina

29 Oct 2014, 15:04 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok saya baru saja melahirkan secara normal. Stlh melahirkan diantara miss v dg anus saya muncul jerawat kecil yg tdk terlihat tp bisa diraba. Rasanya ngilu setiap kencing dan bab. Sudah pernah disudet sekali di bidan pd saat kontrol jahitan melahirkan. Tetapi skr muncul lg. Sy kasih albotil tiap hari disekitarnya mulai memutih tp tdk d jerawatnya. Gmn yaa dok menghilangkan jerawat tsb? Apa harus disudet kembali? Mohon jawabannya segera yaa dok. Tks

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda rasakan adalah timbul benjolan di perineum (daerah antara vagina dan anus). Kemungkinan hal tersebut merupakan keloid. Proses penyembuhan luka terkadang akan meninggalkan bekas luka seperti keloid atau hanya garis-garis kehitaman atau berupa scar putih. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi terbentuknya bekas luka pada seseorang, antara lain kedalaman luka, ukuran luka, lokasi luka dan faktor genetik (keturunan). Jika dalam keluarga Anda terdapat kecenderungan terbentuk keloid pada bekas luka, maka kemungkinan besar bekas luka Anda juga akan membentuk keloid.  Keloid merupakan salah satu jenis dari jaringan parut yang merupakan hasil dari pertumbuhan yang berlebihan dari bekas kulit yang terluka, yang melebihi batas luka itu sendiri. 

Sayang sekali kami kurang mengerti maksud disudet seperti yang Anda ceritakan, apakah yang dimaksud adalah diambil jaringan tersebut? 

Sayang sekali karena keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan menyeluruh dan mendapatkan terapi yang optimal sesuai dengan keluhan Anda.

Jika memang keluhan Anda merupakan keloid. Beberapa terapi yang dapat dilakukan untuk mengobati keloid adalah penggunaan salep, suntikan steroid, laser, dan operasi. Penyembuhan keloid dengan operasi tingkat keberhasilan nya tergantung kepada masing-masing individu, karena ada yang berhasil hilang namun ada juga yang tidak berhasil dan justru timbul keloid yang lebih besar dari sebelumnya. Sedangkan terapi dengan laser lebih efektif untuk meratakan keloid dan mengurangi kemerahan pada keloid. Terapi suntikan dengan menggunakan steroid harus dilakukan beberapa kali. Sebaiknya didiskusikan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin mengenai penanganan keloid yang Anda alami. Berikut Kami berikan artikel untuk menambah informasi Anda:

Keloid

Keloid dan pengobatannya

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar