Sukses

Dengkul Sakit Bukan Main

07 Dec 2014, 08:53 WIB
Wanita, 45 tahun.

Malam dok, sy mau tanya, kalo dengkul sakit itu kenapa ya padahal sy tidak pernah jatuh sebelumnya dan ketika sy sedang solat dengkul sakitnya bukan main. Terimakasih dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Keluhan pada dengkul dapat terjadi akibat bawaan lahir, proses inflamasi, trauma, penuaan, dan tumor.

Sejak kapan keluhan ini Anda rasakan? Bila keluhan ini baru Anda rasakan saat menginjak usia dewasa maka kelainan akibat bawaan lahir akan disingkirkan. Bila kelainan ini Anda rasakan pada telah menginjak usia tua, mengarahkan pada penyebab penuaan dan  belum dapat menyingkirkan proses inflamasi atau peradangan. Sedangkan trauma disingkirkan, berdasarkan keterangan Anda yang tidak pernah jatuh sebelumnya. Tumor merupakan pemikiran terakhir karena dibutuhkan pemeriksaan lanjut untuk meniagnosisnya.

Dapat ditarik kesimpulan Kelainan Anda kemungkinan diakibatkan proses degenerasi atau proses inflamasi. Penyebab keluhan dengkul tersering akibat penuaan adalah osteoartritis, kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat peradangan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Osteoarthritis umumnya terjadi pada usia setengah baya dan orang tua akibat berkurangnya produksi cairan sendi. Berdasarkan penelitian, kebanyakan orang yang terkena osteoarthritis adalah wanita.

Sedangkan proses inflamasi yang juga bergejala pada dengkul adalah radang sendiri akibat asam urat tinggi (disebut Gout arthritis) atau akibat rematik (disebut Rheumathoid arthtritis). Untuk memastikan ketiganya, dibutuhkan wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik secara langsung, dan pemeriksaan penunjang mulai dari pemeriksaan darah, foto rontgen dan lainnya sesuai dengan kondisi Anda. Untuk itu, Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter terdekat, dan bila keluhan ini dirasa berat, dokter dapat merujuk Anda kepada spesialisasi terkait.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar