Sukses

Dahak Sulit Keluar dan Tonjolan Pada Tenggorokan

27 Oct 2014, 13:24 WIB
Pria, 20 tahun.

Mau tanya dok . Saya uda agak lama . Ada dahak atau lendir ditenggorokan yang susah keluar . Serasa nyangkut dan agak mengganggu prnafasan . Solusinya apa ya dok ?? 1 lagi dok . Saya merasa dibawah jakun . Ada sedikit tonjoloan . Apa memang itu tulang atau apa ya dok ??

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Apakah sebelumnya Anda pernah memeriksakan diri ke dokter? apakah Anda pernah meminum obat? apakah anda memiliki riwayat alergi? Banyak hal yang dapat menyebabkan tenggorokan berdahak. Tenggorokan berdahak dapat disebabkan karena infeksi, alergi, iritasi, dan sebagainya. Perokok aktif juga biasanya memproduksi dahak lebih banyak daripada bukan perokok. Pada umumnya banyak obat obatan yang dapat membantu Anda untuk mengeluarkan dahak membandel. Dahak dapat di bantu diencerkan dengan obat minum hingga terapi uap. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan diperoleh pengobatan optimal.

Mengenai pertanyaan kedua, tonjolan yang berada pada daerah tersebut dapat berasal dari tulang rawan tenggorok (pada individu yang kurus, tulang ini lebih sering terlihat), dari kelenjar tiroid, maupun dari kulit atau otot. Bagaimanakah konsistensi tonjolan tersebut? apakah lunak atau keras? apakah terdapat pada satu sisi atau kedua sisi (kanan/kiri)? Apabila tonjolan tersebut dirasakan mengganggu, terlihat abnormal, atau semakin besar, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter untuk penelusuran lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar