Sukses

Masih Ada Cairan Setelah Penyedotan Efusi Plura, Bahayakah?

04 Dec 2014, 16:19 WIB
Pria, 29 tahun.

dok, sy pasien penderita efusi pleura. 3 hari yg lalu sy baru kluar dari RS untuk mnjalani penyedotan cairan. tpi hasil foto rontgen blum betul2 bersih semua, msih ada bagian dada kiri yg belum terlihat sempurna. apa kh hal ini berbahaya dok klau penyedotannya tdk btul2 bersih?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pada penderita efusi pleura, pengambilan cairan pleura berfungsi untuk mengurangi gejala, tapi yang paling penting adalah mengambil cairan dan memeriksakannya ke laboratorium untuk mengetahui penyebab penyakit yang menimbulkan efusi pleura. Karena pada dasarnya efusi pleura ini merupakan gejala dari suatu penyakit apakah itu infeksi (misalnya TB) atau gangguan jantung. 

Pada kasus Anda, Anda sudah menjalani penyedotan cairan pleura dan perlu diketahui berapa banyak jumlah cairan pada pleura Anda dan berapa banyak yang sudah diambil. Pengambilan cairan pleura hanya diperbolehkan sekitar 1000-1500cc per harinya. Hal ini untuk menghindari perlekatan antar pleura dan mencegah terjadinya perubahan tekanan paru yang dapat mengakibatkan penyakit paru lainnya lagi (seperti pneumothorax). Jadi bisa saja setelah penyedotan cairan pleura tetap masih ada cairan yang tersisa. Cairan yang tersisa ini bila jumlahnya tidak banyak, akan terserap sendiri sambil dilakukan pengobatan dari penyakit dasar yang menyebabkan efusi pleura tersebut. 

Saran kami setelah dilakukan penyedotan cairan pleura, Anda tetap diharuskan kontrol rutin ke dokter yang menangani Anda. Dokter akan mengevaluasi penyakit Anda dengan melakukan serangkaian pemeriksaan dan pengobatan yang optimal sampai Anda dinyatakan sembuh

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar