Sukses

Manfaat Pepaya dan Makanan untuk Penderita Maag

04 Dec 2014, 15:51 WIB
Pria, 45 tahun.

Dokter....apakah manfaat utama pepaya? Apakah biji pepaya boleh di makan?sebab saya sering juga memakan biji pepaya.....apakah buah lemon boleh di makan penderita skt maag? Trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Manfaat pepaya bagi tubuh sangat banyak, selain kaya akan vitamin C, pepaya juga mengandung serat makanan yang tinggi. Pepaya dipercaya dapat mengobati cacing usus, mencegah berbagai jenis kanker, dan meningkatkan kualitas sperma pada pria.

Pepaya mengandung meat tenderizer (bahan pengempuk daging). Buah dan daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat memecah protein. Bila daunnya dipakai untuk membungkus daging, membuat daging lebih empuk dan mudah dicerna.

Dalam pengobatan Cina, pepaya digunakan untuk kesehatan, diantaranya;

  • Untuk mengatasi kesulitan mencerna makanan, akibat protein tinggi.
  • Untuk membersihkan gigi, dengan memecah sisa-sisa makanan yang melekat.
  • Buahnya dapat dimanfaatkan untuk mengusir cacing usus.
  • Air hasil rendaman biji pepaya bisa dimanfaatkan untuk teh.
  • Pepaya yang masak baik untuk mengatasi disentri, rematik, dan produksi lendir yang berlebihan.

Pada tahun 1997 The World Cancer Research Fund’s melaporkan, mengonsumsi pepaya sebagai makanan penutup secara teratur, baik untuk menangkal kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker payudara, kanker kandung kemih, dan kolon, karena pepaya memiliki kandungan vitamin C dan karotenoid (penangkal radikal bebas) yang tinggi. Kedua zat gizi yang ada di pepaya memang sangat berpotensi untuk mengurangi aktivitas radikal bebas, yang dapat memicu sel kanker berkembang.

Bagi pria, konsumsi pepaya setiap hari sangat baik karena vitamin C-nya sangat esensial untuk pembentukan air mani dan sperma. Kadar vitamin C yang rendah dalam tubuh bisa menjadi kendala untuk menghasilkan keturunan. Hasil tes menunjukkan, seorang pria bisa tidak subur akibat spermanya menggumpal. Kualitas dan kuantitas serta gerak kehidupan sperma dapat diperbaiki dengan meningkatkan konsumsi vitamin C, sampai 500 mg per hari.

Pertanyaan Anda apakah biji pepaya dapat dimakan? Selama berabad-abad, akar dan biji pepaya digunakan untuk membuat teh, yang berkhasiat untuk mengusir parasit, mengurangi perdarahan, kolik ginjal dan penyakit kuning. Sekitar 20 biji pepaya mengandung protein yang sangat mudah dicerna, bisa dikunyah atau ditelan untuk menghilangkan sebagian besar parasit.

Sebuah studi dari Nigeria dan diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa biji pepaya kering adalah pengobatan yang efektif murah, alami dan banyak tersedia untuk parasit usus manusia tanpa efek samping yang signifikan.

Mengenai konsumsi lemon bagi para penderita maag (gastritis), kami menyarankan untuk tidak mengonsumsi lemon dalam keadaan perut kosong. Pada prinsipnya, seseorang dengan asam lambung yang meningkat sebaiknya menghindari makanan yang mengandung cuka, makanan pedas, santan dan goreng2an, kopi, alkohol dan rokok serta makanan yang berlemak.

Sementara untuk jenis buah-buahan, hindari yang sifatnya asam seperti nanas, jeruk, atau lemon apabila perut Anda kosong atau belum terisi makan. Buah-buahan seperti pisang, melon, pepaya, dan tomat mengandung kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung, sehingga aman dikonsumsi.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar