Sukses

Sperma Kurang Baik: Asthenoteratozoospermia

29 Oct 2014, 07:15 WIB
Pria, 28 tahun.

saya tahun 2012 telah melakukan cek di prodia untuk pranikah, dan hasil tes smua baik tp hasil analisis sperma saya disimpulkan mengalami ASTHENOTERATOZOOSPERMIA. yang ingin saya tanyakan : 1. Jenis penyakit apakah itu? berbahaya atau tidak ? 2. Apakah bisa tidak memiliki anak? 3. apakah bisa di obati? klu bisa dengan obat apa? thnks

Bapak/Saudara yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Kami memahami kegalauan hati Anda.

Jumlah sperma yang normal berkisar 20 juta sperma/ml. Pergerakan sperma yang baik minimal 60% dari jumlah keseluruhan. Morfologi atau bentuk sel sperma yang normal minimal 30% dari keseluruhan. Volume semen  yang dikategorikan normal minimal 2 ml. Kadar fruktosa di dalam semen minimal 3 mg/ml dengan pH 7,2 - 7,8. Yang terakhir adalah likuofaksi atau proses denaturasi atau pemecahan protein dan mengakibatkan semen menjadi cair, kondisi ini sebaiknya berlangsung kurang dari 20 menit. Apabila lebih dari 30 menit maka mengindikasikan adanya infeksi.

Hasil pemeriksaan sperma Anda adalah Asthenoteratozoospermia, yang memiliki arti sebagai berikut:

  • Gerakan sperma kurang disebut: ASTHENOZOOSPERMIA.
  • Bentuk sperma abnormal disebut: TERATOZOOSPERMIA.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang berhasil mengungkap penyebab terjadinya kondisi di atas. Kondisi tersebut lebih banyak berkaitan dengan masalah genetik dan belum diketahui penyebabnya. Sebaiknya Anda dan suami berkonsultasi dengan dokter spesialis Andrologi (dokter khusus kesuburan pria) untuk evaluasi penyebab dan kemungkinan pengobatan selanjutnya. Diperlukan pemeriksaan lebih jauh untuk mengetahui penyebab dan kemungkinan penanganannya. 

Kami doakan yang terbaik untuk Anda dan pasangan!

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar