Sukses

Peredaran Darah ke Kepala Kurang Lancar

04 Dec 2014, 16:08 WIB
Pria, 59 tahun.

Dokter, saya mengalami sakit kepala dan pusing yang sudah berlangsung ckup lama. Sewaktu periksa, menurut dokter saya mengalami peredaran darah kurang lancar ke kepala. Mohon bantuan dokter bagaimana saya bisa sembuh. Terima kasih dokter.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan.

Penyempitan pembuluh darah disebut atherosklerosis adalah terjadinya penyempitan pembuluh darah dikarenakan adanya sumbatan pada jaringan pembuluh darah berupa lemak yang berlebihan, sehingga aliran darah ke berbagai organ tubuh menjadi terganggu.

Penyempitan pembuluh darah di kepala khususnya di otak dapat berakibat fatal dan dapat mengancam jiwa penderitanya, fungsi pembuluh darah sangat lah penting untuk menjaga kecukupan oksigen di kepala karena kurangnya aliran oksigen di kepala akan menimbulkan berbagai penyakit seperti mudah pusing, mata berkunang-kunang, migren, vertigo, bahkan terjadinya pecah pembuluh darah di otak yang menimbulkan serangan penyakit stroke, serta serangan penyakit jantung koroner.

Pengobatan Atherosklerosis dapat dilakukan dengan obat-obatan, operasi, dan merubah gaya hidup hidup sehat bebas kolesterol.

  • Pengobatan Kolesterol : Pengobatan kolesterol dapat membantu memperlambat, menghentikan, atau bahkan membalikkan penumpukan simpanan lemak arteri pasien. Beberapa dokter meresepkan antikoagulan untuk pasien yang menderita aterosklerosis, yang bertindak sebagai pengencer darah, sehingga mencegah pembentukan gumpalan darah.

 

  • Obat antiplatelet atau trombolitik : Jenis obat-obatan ini mengurangi kemungkinan darah menggumpal di arteri sempit. Selain pengobatan anti-platelet, bedah balon angioplasty juga merupakan pilihan pengobatan untuk aterosklerosis. Dengan balon angioplasty bagian yang tersumbat diperluas agar darah dapat mengalir.
  • Operasi : Metode ini dipilih jika gangguan sudah cukup berat dan tidak memberikan respon terhadap obat-obatan.
  • Merubah pola Hidup Sehat: Mulailah dengan berolahraga dan didampingi dengan waktu istirahat yang cukup, karena membantu dalam peningkatan sirkulasi darah. Penderita harus berhenti untuk melonggarkan arteri dan meningkatkan kemampuan darah untuk membawa oksigen. Juga penting untuk memperhatikan setiap luka atau cedera, karena mungkin meningkatkan risiko infeksi. Lemak terhidrogenasi dan kelebihan lemak jenuh seperti mentega atau krim, makanan olahan jadi, acar, teh kental, kopi, gula putih, dan semua produk serupa harus dihindari.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar