Sukses

Pusing, Sesak nafas, Nyeri Ulu Hati, dan Kecemasan Tinggi

04 Dec 2014, 10:56 WIB
Pria, 26 tahun.

Selamat pagi dok, Keluhan saya sering pusing pinginnya tidur mulu,sesak nafas,sakit di uluh hati dan kecemasan saya tinggi. Mohon pencerahaanya. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun sebelumnya perlu diperjelas, apakah gejala ini Anda rasakan bersamaan dalam satu waktu atau berkaitan, atau terjadi sendiri-sendiri dengan pemicu yang berbeda?

Keluhan Pusing berbeda dengan sakit kepala, dimana masyarakat Indonesia sering salah mengartikannya sebagai dua hal yang sama. Sakit kepala diartikan sebagai rasa sakit yang bisa terletak dimana saja (di atas mata, kepala bagian belakang dan lain-lain) serta selanjutnya perlu ditelusuri ciri khas yang dialami, misalnya apakah Berdenyut-denyut, Rasa tegang seperti terikat atau Sakit kepala sebelah. Sedangkan pusing diartikan sebagai perasaan melayang/ kepala terasa ringan atau perasaan berputar. Benarkah pusing ini yang Anda maksud?

Pusing pada umumnya dikaitkan dengan vertigo, yaitu gangguan pada alat keseimbangan, pada umumnya yang ditelinga, akibat gangguan suplay oksigen. Penyebabnya bisa karena gangguan aliran darah (hipotensi, hipertensi, penyumbatan pembuluh darah) maupun kapasitas oksigen dalam tubuh yang memang berkurang, misalnya pada saat sesak nafas berat atau penyakit paru.

Untuk keluhan sesak nafas dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Keluhan sesak nafas tidak selalu disebabkan oleh gangguan saluran pernafasan. Keluhan sesak nafas dapat juga disebabkan oleh masalah pada saluran pencernaan, jantung dan lain sebagainya. Nyeri ulu hati akibat asam lambung yang naik juga bisa menyebabkan sesak nafas pada sebagian orang.

Keluhan-keluhan sebelumnya juga dapat dialami oleh seseorang yang mempunyai tingkat kecemasan tinggi. Orang yang memiliki kepanikan tinggi akan merasakan mual, jantung berdebar kencang, sakit perut, dan sesak nafas. Hal ini dekenal sebagai 'sensitivitas kecemasan tinggi'. Kepanikan dan kecemasan akan bereaksi dan merangsang otak setelah terlibat dalam tingkat aktivitas fisik yang jarang mereka alami.

Sayang sekali Kami belum dapat menarik kesimpulan dari masalah Anda tanpa adanya  wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Untuk itu, Kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter terdekat. Dan jika keluhan ini dianggap cukup berat, dokter dapat merujuk Anda kepada spesialisasi terkait.

Berikut kami lampirkan artikel:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar