Sukses

Penyakit Jantung Bawaan saat Hamil

25 Oct 2014, 00:27 WIB
Wanita, 27 tahun.

Saya memiliki penyakit kelainan jantung bawaan sejak lahir dan sekarang saya sedang hamil 2 bulan. Apakah penyakit saya itu akan berpengaruh terhadap janin saya? Terima kasih.

Ibu yang Terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda! Kami memahami kekhawatiran Anda.

Penyakit jantung kongenital atau penyakit jantung bawaan adalah gangguan atau kelainan organ jantung saat lahir. Penyakit jantung bawaan (PJB) merupakan kelainan yang di dapat bayi sejak masih dalam kandungan akibat gangguan pembentukan dan perkembangan jantung. Hal ini menyebabkan perubahan aliran darah normal di jantung. Terdapat berbagai macam kelainan jantung bawaan. Mulai dari adanya lubang pada pembatas antar ruang jantung hingga kelainan yang lebih kompleks seperti kombinasi beberapa kelainan, kelainan letak pembuluh darah ke dan dari jantung, dan gangguan-gangguan serius lainnya yang berhubungan dengan perkembangan jantung yang tidak sempurna. 

Untuk itu, untuk menentukan kondisi Anda perlu terlebih dahulu diketahui jenis penyakit jantung bawaan yang Anda alami dan tingkat keparahannya untuk dapat mengetahui efek terhadap kondisi janin dan juga kondisi tubuh Anda sendiri. Apakah dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda mengetahui mengenai hal ini?

Kami sarankan Anda rutin kontrol ke dokter kebidanan Anda sehingga dokter dapat memantau kondisi Anda dan janin.

Semoga kehamilan Anda berjalan lancar, ibu dan janin senantiasa dalam keadaan sehat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar