Sukses

Frekuensi BAB Anak

24 Oct 2014, 12:45 WIB
Wanita, 27 tahun.

dokter, bayi saya usia 6 bulan. sudah mulai MPASI. namun sejak MPASI, mulai sulit BAB, yang tadinya setiap hari menjadi 3 hari sekali. BAB nya pun keras sekali dan sedikit. untuk MPASI nya saya sudah menghi darkan wortel dan pisang. adapun MPASI nya saat ini adalah pagi ; pepaya saring. siang: bubur nasi saring. sore: pir parut dan disaring. kalo saya baca di artikel kesehatan pir dan pepaya sebetulnya sudah dapat mengatasi sulit BAB namun ini masih sulit. bagaimanakah solusinya?

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda,
 
Anda tidak perlu khawatir selama bayi Anda tetap tampak sehat, berat badan tetap bertambah, perut tidak kembung dan bayi Anda tidak rewel. Memang wajar terjadi perubahan dalam frekuensi BAB bayi dengan semakin bertambahnya usia bayi, hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh produk yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap oleh sistem pencernaan bayi. Tidak ada batas waktu yang dapat dijadikan patokan waktu yang normal bagi bayi untuk BAB. Frekuensi buang air besar pada bayi bervariasi, dapat 4 - 10 kali sehari atau sebaliknya, sekali dalam 3 - 7 hari.
 
Yang perlu Anda khawatirkan adalah jika perubahan frekuensi BAB pada bayi Anda disertai dengan timbulnya keluhan-keluhan seperti bayi menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, dll. Jika hal-hal tersebut terjadi pada bayi Anda, kami sarankan sebaiknya Anda segera membawa bayi Anda ke dokter anak.
 
Selama bayi Anda mendapatkan asupan nutrisi yang baik dari asupan susunya maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Selama nafsu makannya baik maka anak Anda dapat memperoleh asupan nutrisi yang baik. Anda juga dapat mengakses Rubrik Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Klikdokter.com sebagai panduan informasi perkembangan anak.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar