Sukses

Makanan dan Olahraga pada Pengapuran

04 Dec 2014, 20:02 WIB
Wanita, 55 tahun.

saya kadang2 susah untuk gregek an, pengapuran bs sembuh tdk dok ? harus byk mkn apa dok ? olahraga apa yg harus di lakukan pengapuran dok ?

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti keresahan yang Anda alami. Pengapuran merupakan istilah awam yang kerap digunakan untuk OA atau Osteoarthritis. Osteoarthritis adalah peradangan sendi dan tulang akibat proses pengapuran tulang. Biasanya, gangguan yang berkenaan pula dengan penyakit tulang rhematik ini hanya terjadi di sendi besar, terutama lutut. Berbeda dengan Osteoporosis yang merupakan pengeroposan hampir di seluruh sendi tubuh. Gejala yang timbul biasanya berupa kesulitan untuk berjalan, nyeri, cepat lelah, kesulitan untuk jongkok, dan gampang jatuh. 

Keluhan ini biasanya disebabkan oleh cedera, bekerja terlalu berat, terjatuh, sering melakukan olahraga berat, berat badan yang berlebih, dan proses penuaan. Biasanya, keluhan ini lebih banyak melanda perempuan, terutama pada masa menopause di mana tulang-tulang mulai rapuh. Osteoarthritis dapat disembuhkan dengan berbagai cara tergantung pada tingkat kerusakannya. Pada tingkat yang ringan, penderita cukup mengatasinya dengan banyak istirahat dan mengubah pola makan serta posisi tubuh saat beraktivitas.

Pada tingkat menengah dan berat, dokter dapat melakukan beberapa tindakan mulai dari memberikan obat rematik atau anti inflamasi, suntik dengkul hingga tindakan operasi.

Terapi obat-obatan berupa antinflamasi non steroid merupakan penatalaksanaan utama pada OA. Pengobatan ini selain membantu menghilangkan gejala nyeri juga dapat mencegah perburukan yang dapat terjadi.

Penyuntikan (injeksi) kortikosteroid pada sendi dapat mengurangi nyeri untuk sementara, namun injeksi ini tidak boleh sering diulang karena merupakan dapat menyebabkan destruksi tulang.

Tatalaksana terhadap OA secara umum dapat dibedakan menjadi tatalaksanan non bedah dan bedah. Tatalaksana non bedah berupa obat-obatan, perubahan pola diet, fisioterapi, serta modifikasi aktivitas. Beberapa hal yang dapat dilakukan sendiri, antara lain:

  • Istirahat. Jika mengalami nyeri atau radang pada sendi, istirahatkan selama 12 - 24 jam. Atau istirahat dari aktivitas selama 10 menit setiap jam.

  • Berolahraga. Dosis olahraga yang diperlukan sebaiknya dengan persetujuan dokter. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan atau renang. Namun jangan berolahraga saat sendi dalam keadaan sakit. Sebaiknya hindari olahrga lari karena lari menyebabkan beban lutut bertambah. Lutut akan menopang seluruh badan saat berjalan/berlari. Gesekan yang terjadi saat lari dapat memperparah osteoarthritis. Olahraga yang sebaiknya anda lakukan adalah jalan santai atau berenang.

  • Kurangi berat badan. Berat badan yang berlebih akan memberikan beban pada sendi-sendi yang menyangga tubuh. Kombinasi diet dan olahraga efektif menurunkan berat badan.

  • Kompres panas dan dingin untuk menangani nyeri. Kompres hangat dapat diberikan selama 20 menit, beberapa kali sehari. Kompres dingin dapat diberikan bila tidak ada gejala baal atau sirkulasi yang terganggu.

  • Lakukan fisioterapi dengan fisioterapis yang berpengalaman. Fisioterapi memelihara mobilitas sendi dan meningkatkan kekuatan otot. Memperkuat otot-otot di sekitar sendi dapat memberikan efek proteksi terhadap sendi yang terserang OA dengan meningkatkan penyerapan tekanan dan mengurangi beban terhadap sendi.

  • Gunakan krim atau jel yang tersedia di apotek untuk mengurangi nyeri. Beberapa krim bekerja dengan memberikan sensasi panas atau dingin atau mengandung zat aktif tertentu yang akan diserap melalui kulit dan mengurangi nyeri.

 

Perubahan pola makan dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan kandungan lemak dan kolesterol yang dapat meningkatkan berat badan dan memperberat OA yang terjadi. Makan makanan 4 sehat 5 sempurna secara seimbang serta perbanyak buah dan sayur.

Sudah berapa lama Anda mengalami hal ini? Kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam atau orthopedi untuk menilai kondisi Anda saat ini untuk penanganan yang optimal.

Untuk informasi lengkap kami sertakan artikel yang berjudul

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar