Sukses

Efek Samping Vaksin

24 Oct 2014, 12:39 WIB
Pria, 37 tahun.

selamt pagi dok,saya mau tanya tentang anak saya setelah di imunisasi di paha terjadi benjolan sebesar telur ayam kampung sekarang umur anak saya 7 bulan,tetapi bila saya pegang benjolan tersebut anak tidak terasa sakit,,saya sudah tanya petugas kesehatan di puskesmas katanya nggak apa2 nanti akan hilang dgn sendirinya jadi apakah memang benjolan itu tidak berbahaya bagi tumbuh anak saya,trimakasih sebelumnya dok.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Apakah benjolan tersebut memar? Biru? Biasanya bengkak sehabis vaksin bisa disebabkan oleh karena vaksin terkena otot dimana sering muncul pada vaksin MMR atau DtaP hal ini bisa berlangsung beberapa minggu-bulan. Namun bengkak bisa disebabkan oleh karena adanya granuloma yaitu bentuk peradangan. Kedua hal ini tidak membahayakan karena biasanya merupakan reaksi tubuh yang dapat hilang.

 Anda dapat mempercepat penyembuhan dengan melakukan kompres. Apabila tiba-tiba benjolan tersebut menjadi merah, nyeri bahkan ada nanah di dalamnya maka Anda sebaiknya kembali ke dokter specialis anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar