Sukses

Jamur Pada Kuku

28 Oct 2014, 09:02 WIB
Pria, 37 tahun.

Assalamu Alaikum wr.wb bertanya dokter.... saya ada masalah pada kedua kuku jempol kaki yang selalu gatal dan sering meradang. biasanya selalu diawali dengan gatal-gatal lalu beberapa hari kemudian meradang terus disusul infeksi. kadang juga hanya meradang saja tidak berair tapi sakit sekali, begitu terus berulang-ulang akibatnya pinggir kuku kaki saya jadi dalam dan kukunya jadi tebal bergelombang, di kuku kadang ada warna agak memar. kondisi ini sudah terjadi sejak saya SMP. saya pernah ke dokter kulit, katanya cuma alergi kemudian di kasih obat tapi tidak ada perubahan sama sekali. selama ini saya sudah berusaha selalu menjaga kebersihannya dan pantangan alerginya tapi tetatp tidak sembuh. Mohon solusinya dok... terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kondisi jempol kaki yang selalu gatal dan meradang dapat disebabkan oleh infeksi jamur yang kemudian disusul dengan infeksi bakteri. Dalam dunia medis adalah yang disebut sebagai tinea unguium atau onikomikosis, kondisi terinfeksinya kuku oleh karena jamur. Penyakit ini dapat dimulai dari dasar kuku yang kemudian secara perlahan mengangkat kuku, sehingga kuku tumbuh tidak sempurna dan dapat menusuk kulit di samping kuku serta menyebabkan luka. Keadaan akan memburuk apabila jamur dan atau bakteri masuk melalui kuku yang sudah rusak, menimbukan infeksi lebih luas dan memicu timbulnya sensasi nyeri dan radang di jaringan kuku, serta menjadikan kuku bergelombang tidak rata, dan warna kuku menjadi kuning kehijauan hingga kehitaman.

Perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung beserta dengan penunjang yang berkaitan untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada Anda. Apabila benar kondisi kuku Anda disebabkan oleh infeksi jamur, tata laksana yang diberikan dapat berlangsung selama 3-4 bulan dan Dokter pun tidak akan memeberikan terapi topikal, melainkan oral, karena terapi topikal tidak akan dapat menembus jaringan kuku yang tebal sehingga bekerja kurang efektif. Apabila melalui pemeriksaan Dokter telah ditemukan kerusakan dan atau infeksi yang luas, maka Dokter biasanya akan mempertimbangkan tindakan untuk mengangkat kuku tersebut.

Berdasarkan gambaran kondisi di atas, kami sarankan Anda untuk konsultasi dengan Dokter untuk diperiksa secara langsung sehigga mendapatkan tata laksana optimal dari kondisi yang ada.

Semoga penjelasan ini dapat dipahami.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar