Sukses

Hipertiroid

04 Dec 2014, 12:16 WIB
Pria, 29 tahun.

Dok,sy didiagnosa hipertiroid, T3 total lebih 600 nilai rujukan 81-178, TSHs dan T4 total normal, tidak ada pembengkakan, kira2 penyebab utk kasus saya apa ya dok? Terapi apa yg paling cocok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan.

Hipertiroid adalah suatu keadaan akibat peningkatan kadar hormon tiroid bebas dalam darah, terbanyak disebabkan oleh Penyakit Grave. Tanda dan gejalanya antara lain adalah selalu gelisah, gugup, mudah tersinggung, cepat letih terutama siang sampai sore hari dan terjadi penurunan berat badan yang tidak jelas penyebabnya. Adakah dari gejala ini yang Anda alami?

Kelenjar tiroid menghasil Tiroksin (T4), merupakan bentuk yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid, hanya memiliki efek yang ringan terhadap kecepatan metabolisme tubuh. Tiroksin dirubah di dalam hati dan organ lainnya ke dalam bentuk aktif, yaitu triiodotironin (T3), dan baru akan dikeluarkan apabila ada stimulasi TSH.

Dikatakan hipertiroid apabila didapatkan gejala klinis ditambah hasil laboratorium T3/T4 meningkat dan TSH turun. Namun Dikatakan hipertiroid subklinis apabila T3/T4 normal, namun TSH turun. Namun bila didapatkan hanya T3 meningkat sedangkan TSH Normal, terjadi pada perubahan tiroglobulin, penggunaan obat amiodaron, tumor pituitari, atau kesalahan laboratorium.

Sayang sekali Kami tidak dapat memberikan saran terapi yang Anda tanyakan tanpa adanya kepastian diagnosis. Untuk mendapatkan kepastian diagnosis dibutuhkan wawancara medis mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Untuk itu, Kami sarankan Anda kembali berkonsultasi secara langsung kepada dokter Anda mengenai terapi yang tepat untuk Anda.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar