Sukses

Darah Pada Gendang Telinga

27 Oct 2014, 12:35 WIB
Pria, 43 tahun.

pagi Dokter,..th 2010 sy mengalami kecelakaan, yg menyebabkan telingan kanan berdarah, selama pengobatan sy dikasih obat minum dan obat tetes, setelah beberapa hari dan sampe sekarang telingan kanan saya terasa berdenging dan pendengaran menjadi berkurang...kemudian sy coba periksa lagi ke dokter THT, dan disenter (telinga kanan) sy terlihat lebih dekat jarak (gendang telinganya) dan berwarna gelap drpd telinga kiri (yg normal) & berwarna terang (gendang telinganya). spt biasa sy hanya dikasih obat minum dan obat tetes dari tempat berobat...dokter, apa bisa kalo gendang telinga yg ketempelan "darah kering" dibersihkan / dilepas darah yg nempel di gendang telinga... Terimakasih....

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.
Terima kasih atas pertanyaan Anda.
 
Kami memahami kekhawatiran Anda. Kapankah terakhir kali Anda berkonsultasi ke dokter THT, dan apakah diagnosisnya? Obat apa sajakah yang Anda sudah digunakan?
Warna normal membran timpani (gendang telinga) adalah jernih hingga abu-abu muda dan terlihat pantulan cahaya. Warna gelap seperti apakah yang Anda maksud?Warna gelap dapat disebabkan oleh penebalan membran timpani, gambaran pembuluh darah, cairan infeksi dari telinga tengah, ataupun karena adanya darah itu sendiri. Untuk menjawab pertanyaan Anda, darah yang muncul umumnya akan terserap sendiri oleh tubuh. Perlu diketahui darimanakah darah tersebut berasal, apakah karena adanya proses infeksi atau lainnya? jika terdapat infeksi, dokter akan meresepkan antibiotik minum atau tetes telinga. 
Apabila setelah pengobatan selesai keluhan masih berlanjut, kami menyarankan Anda untuk kembali ke dokter spesialis THT. Kemungkinan diperlukan pemeriksaan diagnostik seperti radiologi atau lainnya untuk melihat adakah penyebab lain.
 
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar