Sukses

Kontrol ke Dokter Gigi

04 Nov 2014, 11:32 WIB
Pria, 24 tahun.

Dokter, saya ingin menanyakan sebenarnya waktu yang baik dan benar untuk memeriksakan gigi kita dalam rentan waktu setahun ini berapa kali, mengingat saya melakukan perawatan gigi semisal pembersihan karang gigi hanya 1 kali setahun, sudah tepatkah / kelirukah saya? Apakah berpengaruh ke kesehatan gigi saya? Lalu cara efektif untuk mengurangi penumpukan karang gigi pasca dibersihkan itu bagaimana dokter?

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Pemeriksaan gigi ke dokter gigi sebaiknya dilakukan setahun dua kali dalam rentang waktu 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan walaupun tidak ada keluhan, guna mendeteksi kelainan atau kerusakan dini yang terjadi pada gigi atau jaringan sekitarnya. Karena pada beberpa keadaan seperti gigi berlubang terjadia tanpa dirasakan adanya keluhan aau gejala yang mengganggu.

Pembersihkan karang gigi harus dilakukan segera setelah karang gigi terbentuk, dan pembersihannya hanya dapat dibantu oleh dokter gigi. Pembentukan karang gigi dapat dicegah dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi, menyikat gigi dengan cara yang benar dan baik serta membersihkan selah-selah gigi dengan bantuan benang gigi dapat memaksimalkan kebersihan gigi sehingga plak dan karang gigi dapat dicegah pembentukannya.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar