Sukses

Flu dan Suara Hilang

03 Nov 2014, 11:53 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok, saya awalnya hanya flu tp setelah dua hari suara saya hilang, sy tdk batuk atau sakit menelan. Mohon pencerahan dan arahan pengobatan utk hal ini. Trmksh. Agus Iwan

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah diagnosis terakhir dari dokter THT? Apakah Anda juga mengalami gejala lain seperti keluar cairan, atau rasa mengganjal pada tenggorokan atau kerongongan? Apakah Anda merokok, atau memiliki riwayat alergi?

Pita suara berlokasi pada daerah larynx (bagian atas batang tenggorok). Peradangan pada larynx tersebut dapat menimbukan gejala seperti suara hilang. Pada kondisi akut, laringitis dapat menyertai penyakit seperti common cold dan influenza, bronchitis, pneumonia, atau juga merupakan manifestasi alergi. Sementara laringitis kronik berlangsung selama lebih dari 1 minggu dan cenderung berulang. Hal ini disebabkan oleh laringitis akut yang berulang, paparan terus menerus terhadap zat iritan seperti debu, asap (seperti asap rokok), penyakit refluks asam lambung, tumor maupun keganasan, dan lainnya.

 

Apabila penyebabnya dikarenakan infeksi oleh virus flu, maka pengobatannya adalah istirahat total dan nutrisi yang baik untuk mengembalikan daya tahan tubuh, pemberian obat antiinflamasi untuk meredakan gejala. Untuk menegakkan diagnosis, diperlukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik, dan penunjang oleh dokter. Kami menyarankan Anda untuk  memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis THT apabila keluhan memberat. Sementara itu, beberapa hal yang dapat Anda lakukan antara lain: minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, hindari rokok, minum air hangat yang dicampur dengan madu atau lemon, berkumur-kumur dengan air garam untuk meredakan gejala.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar