Sukses

Mendengkur Setelah Operasi Amandel

30 Oct 2014, 12:41 WIB
Wanita, 32 tahun.

Saya mau tanya. Sejak kecil saya kalau tidur mengorok, dan saat kelas 4 SD saya menjalani operasi amandel. Setelah operasi tidak lagi mengorok, tapi lama2 mengorok juga sampai sekarang dalam berbagai posisi. Bahkan ketika tidur dalam posisi duduk sekalipun. Bagaimana saya supaya tidak mengoro? thanks.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Beberapa faktor yang mempengaruhi mendengkur antara lain kelainan anatomi atau penyakit pada mulut dan sinus, konsumsi alkohol, alergi, infeksi saluran pernapasan akut, pembesaran amandel (tonsil), dan berat badan berlebih. Jika Anda telah menjalani operasi pengangkatan amandel, mungkin terdapat penyebab lainnya. Pada penyakit seperti sinusitis, juga terjadi kongesti (pembengkakan) dinding mukosa hidung akibat pembuluh darah yang ikut melebar pada proses peradangan.

Selama kita tidur, proses pernapasan secara alamiah akan terjadi lewat hidung. Jika terdapat kongesti hidung (kongesti nasal), maka otomatis mulut akan terbuka untuk membantu kelancaran proses pernapasan tersebut, sehingga kita akan bernapas lewat mulut. Pada pernapasan mulut, terjadi tekanan negatif yang lebih besar di belakang uvula dan palatum lunak (bagian dinding atas belakang rongga mulut). Tekanan negatif ini memicu getaran pada dinding tersebut sehingga menimbulkan "suara" saat tidur yang yang disebut juga mendengkur. 

Secara ringkas, faktor yang memicu terjadinya sumbatan pada saluran napas antara lain:

  • Lemahnya otot di saluran pernapasan yang menyebabkan saluran pernapasan menutup ketika tidur (karena merokok)

  • Gangguan posisi rahang yang dapat disebabkan oleh otot yang tegang

  • Obesitas yang menyebabkan deposit lemak di sekitar saluran napas dan leher yang pendek

  • Sumbatan mekanik di saluran napas, seperti amandel, kelenjar adenoid

Untuk menegakkan diagnosis, diperlukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik, dan penunjang oleh dokter. Kami menyarankan Anda untuk  memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar memperoleh pengobatan optimal.

Berikut artikel yang dapat Anda akses sehubungan dengan mendengkur:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar