Sukses

Pusing Akibat Diet, Bagaimana Diet yang Sehat?

25 Nov 2014, 19:27 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya mau bertanya sebelumnya saya pernah mencoba beberapa diet seperti OCD dan mengganti makanan saya dari nasi menjadi kentang. Namun semenjak diet tersebut saya sering merasakan pusing (bukan sejenis migren atau sakit kepala biasa) seperti pusing mau pingsan (tidak dapat berdiri dalam jangka waktu lama). Apakah saya terkena darah rendah dok? Dan diet seperti apakah yang cocok untuk saya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pusing seperti mau pingsan dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, ataupun tekanan darah rendah. Bila sebelumnya Anda melakukan diet yang mengurangi asupan makan dalam jumlah yang cukup banyak dalam waktu yang singkat, hal ini bisa menjadi salah satu penyebabnya juga. Tubuh bisa mengalami hipoglikemia (kekurangan glukosa dalam darah) yang biasanya ditandai dengan pusing dan lemas, bisa juga disertai dengan keringat dingin. Tubuh juga dapat mengalami tekanan darah rendah ataupun anemia akibat asupan yang kurang, oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh juga berkurang, terutama otak. Hal ini yang dapat menimbulkan keluhan pusing, berkunang-kunang, seperti ingin pingsan.

Bila Anda ingin melakukan diet yang tepat, kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik. Dokter akan memberikan penjelasan dan rincian diet yang harus Anda jalani berdasarkan berat badan, usia, kebutuhan kalori dan aktivitas Anda sehari-hari.

Kami juga memberikan informasi yang dapat menambah wawasan Anda :

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar