Sukses

Apakah Ini Tanda Hamil?

23 Oct 2014, 14:29 WIB
Wanita, 28 tahun.

Mlm dok, salam kenal saya yanti. Saya sudah menikah 19bln. Saat ini saya sedang promil dok, tgl 13sept lalu saya cek ke dokter. Waktu di usg dokter bilang saya dirahim saya sudah ad sel telur dg ukuran 1,2mm krn pd saat periksa tepat bbrp hari saya selesai haid. Kemudian saya diberi lanturol 400 dan suami bioquinone dan tribestan. Lalu dokter menyarankan saya utk kembali pada saat dpt haid hari pertama. Bulan lalu saya dpt haid tgl 6sept, bulan kemudian saya telat dan dpt haid tgl 9okt. Saya kira terlambatny saya dpt haid itu tanda kehamilan. Dan haid itu merupakam flek yg merupakam tanda kehamilan jg. Memang haid hari pertama itu yg keluar darah encer yg lumayan byk berwarna agak pink, tp setelah saya tunggu hari kedua dan ketiganya, darah haid yg keluar malah makin byk layakny saya dpt haid. Saya bingung hamilkah saya saat ini? Krn terakhir saya TP tgl 8okt itu saya masih negatif.. Mau cek ke dokter pd saat haid hari pertama, dokter saya sedang pergi haji dan saat ini saya belum ke dokter lg. Mohon infony dok dr pertanyaan saya ini... Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Mohon maaf, kami tidak bisa memastikan apa yang sedang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan fisik yang menyeluruh. 

Perlu diketahui bahwa tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah: 

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Umumnya, keterlambatan menstruasi merupakan tanda yang paling mudah dijadikan pegangan. Jika hubungan intim dilakukan pada masa subur, ada/tidaknya keterlambatan menstruasi baru dapat dilihat 2 minggu kemudian. Jika memang terlambat lebih dari 1 minggu dari waktu seharusnya, ada kemungkinan sudah terjadi pembuahan. Karena itu bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack.

Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. 

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. 

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mendapatkan diagnosa dan tata laksana yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar