Sukses

Diet Gagal Ginjal

24 Oct 2014, 13:55 WIB
Pria, 58 tahun.

Bagaimana diet yang betul/baik untuk penderita penyakit ginjal pada stadium lanjut? (creatinene mencapai 2,6). Terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Gagal ginjal terdiri atas gagal ginjal akut dan kronik. Pada gagal ginjal akut, yang perlu diperhatikan adalah menghilangkan penyebabnya agar ginjal kembali berfungsi dengan baik. Pada gagal ginjal kronik, berarti ginjal tidak dapat bekerja secara sempurna yang sudah berlangsung lama, dapat disebabkan karena beberapa penyakit dasar, dengan gejala-gejala tertentu.

Ginjal berfungsi untuk mengeluarkan sisa produk metabolisme dan cairan berlebih dalam tubuh. Apabila tidak dikeluarkan, produk sisa metabolisme ini dapat menjadi racun bagi tubuh. Sisa produk metabolisme berasal dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Bila Anda memiliki gagal ginjal, maka produk racun ini serta cairan berlebih akan terjebak dan tidak dapat dikeluarkan dari tubuh Anda.

Diet pada gagal dinjal dapat membantu mengontrol produk sisa metabolisme dan cairan di tubuh Anda dan menurunkan beban kerja pada ginjal. Diet ini juga dapat memperlambat gangguan fungsi ginjal. Apabila diet ini memang dianjurkan untuk Anda, maka Anda sebaiknya menemui ahli gizi karena diet ini akan tergantung dari stadium berapa gagal ginjal yang Anda alami.

Sebagai gambaran, diet pada gagal ginjal adalah diet dengan mengontrol jumlah protein, natrium, fosfor, dan kalium. Namun di dalam diet ini jumlah kalori Anda tetap harus diperhatikan.

Tubuh Anda membutuhkan protein untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Setelah tubuh menggunakan protein dari makanan yang Anda makan, terdapat produk sisa yang disebut dengan urea. Bila ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik, maka urea tidak dapat dikeluarkan dari dalam tubuh. Karena itulah Anda perlu mengurangi  jumlah protein.  Protein terkandung di 2 tipe makanan :

  • Protein jumlah besar yang berasal dari hewani : unggas, daging sapi, seafood, susu, keju, produk susu
  • Protein jumlah kecil yang berasal dari sumber nabati : roti, sereal, gandum, sayuran, buah

Kadar fosfat yang tinggi di dalam tubuh akibat tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal dapat menyebabkan kehilangan kalsium dari tulang. Fosfat memiliki kadar tinggi di dalam makanan :

  • produk susu seperti susu, keju, yogurt, es krim
  • kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang tanah
  • minuman seperti cocoa, bir, dan minuman bersoda

Anda juga sebaiknya mengurangi kadar natrium di dalam makanan yang Anda konsumsi. Hal ini disebabkan karena natrium berhubungan dengan peningkatan tekanan darah dan penyakit ginjal. Anda sebaiknya mengurangi natrium melalui :

  • garam dapur
  • makanan kaleng
  • makanan asap

Anda akan mendapatkan ganti kalori melalui minyak sayuran, gula, dan buah. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis gizi klinik melalui rujukan dari dokter spesialis penyakit dalam yang menangani gagal ginjal Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar