Sukses

Meningitis Serosa pada Anak

03 Dec 2014, 12:09 WIB
Pria, 7 tahun.

Mlm Dok?saya mo tanya penyakit anak sya*meningitis*pd umur 2 th terserang meningitis serosa skrng umurnya 7 th blm sembuh&cacat permanen tidak bisa bicara tdk bsa melihat tdk bsa jln,yg mo sya tanyakan apakah penyakit ini bsa sembuh pa tidak&apa pengobatan selanjutnya biar anak sya agak mendingan di kernakan kl lg berasa suka pukul kepala sendiri,atas jawaban&solusi dari Dokter saya ucapkan terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan.

Meningitis adalah radang selaput meningens/otak dan cairan otak  yang dapat menyebabkan proses infeksi pada system syaraf pusat.

Meningitis dibagi menjadi 2 golongan berdasarkan perubahan yang terjadi pada cairan otak yaitu :
  1. Meningitis Serosa adalah radang selaput otak pada araknoid dan piameter yang disertai cairan otak yang jernih. Penyebab terseringnya adalah Mycobacterium tuberculosa (kuman TB), virus, Toxoplasma gondhii dan Ricketsia.
  2. Meningitis Purulenta adalah radang bernanah, Penyebabnya umumnya oleh infeksi bakteri
Pada Anak Anda telah terjadi peradangan yang cukup parah dan meluas ke jaringan otak sehingga timbul komplikasi  gangguan pada otak yang bersifat non progresif karena suatu kerusakan atau gangguan pada sel-sel motorik pada susunan saraf pusat yang sedang tumbuh atau belum selesai pertumbuhannya.
Yang memperberat keadaan ini adalah, sel saraf merupakan sel yang tidak mempunyai kemampuan regenerasi dalam tubuh, artinya sekali rusak tidak dapat diperbaiki kembali. Oleh karena itu, bila telah terjadi komplikasi yang demikian akan sulit untuk meprediksi tingkat kesembuhannya.
Namun Anda dan keluarga jangan berkecil hati dan jangan menyerah, berserah dirilah kepada Yang Maha Kuasa karena setiap cobaan pasti ada jalan keluarnya.
Tetaplah melakukan pemeriksaan rutin kepada dokter Anak Anda sesuai jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, dan berkonsultasilah mengenai gejala yang dialami Anak Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar