Sukses

Benjolan di Testis

27 Oct 2014, 15:54 WIB
Pria, 26 tahun.

dok diatas testis saya ada benjolan.tidak sakit.ukurannya kira kira 1/3 ukurn testis.knan kiri ada tpi ukurannya beda.enggak keras.apa itu normal tau kelainan tau epidiidimis tau turun berok ya.saya takut klau tu klainan.soalnya saya punya kebiasaan onani sejak smp.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada epididimitis biasanya benjolan disertai nyeri. Sedangkan pada hernia benjolan akan muncul pada saat Anda batuk, mengedan atau mengejan. Bagaimana dengan Anda? 

Epididimitis adalah infeksi pada lapisan epididimis testis, biasanya terjadi pada usia 14-35 tahun. Gejala berupa nyeri yang bersifat gradual, dengan kemerahan dan pembengkakan di daerah skrotum. Gejala lain yang berhubungan dengan epididimitis termasuk demam, nyeri buang air kecil, dan nyeri saat berhubungan seksual. Gejala biasanya berlangsung < 6 minggu, jika menetap > 6 minggu maka termasuk epididimitis kronik.

 

Hernia, atau sering kita kenal dengan istilah “turun bero”, merupakan penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Hernia inguinalis dibagi menjadi 2, yaitu hernia inguinalis medialis dan hernia inguinalis lateralis. Jika kantong hernia inguinalis lateralis mencapai skrotum (buah zakar), hernia disebut hernia skrotalis. Hernia terdiri atas jaringan lunak, kantong, dan isi hernia. Jaringan lunak yang dimaksud disini adalah usus. Jadi melalui suatu lubang di lipat paha, usus turun dari daerah perut menuju ke skrotum (buah zakar). 

Terkait dengan keluhan Anda, jika sampai saat ini dirasakan sangat menganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Karena diperlukan pemeriksaan secara langsung. Normalnya tidak ada benjolan atau partikel di dalam testis. Bila perlu, dokter akan melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG testis). 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar