Sukses

Nyeri Menelan dan Nyeri Telinga

29 Oct 2014, 17:15 WIB
Wanita, 34 tahun.

Sakit tenggorakn ampe telinga ikut sakit kalo menelan air ludah. apa solusinya dok. Trima kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? apakah terdapat gejala lainnya seperti demam, batuk, pilek, dan sebagainya? Nyeri menelan dapat disebabkan oleh infeksi, gangguan otot menelan, penyakit metabolik, tumor, dan sebagainya. Infeksi yang dimaksud dapat disebabkan oleh virus atau bakteri, dan dapat terjadi pada tonsil (amandel), maupun dinding kerongkongan dan tenggorokan. Pasien dapat memiliki manifestasi klinis lain seperti: demam, batuk, sesak nafas, nyeri menelan, myalgia atau nyeri otot, dan sebagainya.

Bagaimana kaitannya dengan sakit telinga? Saluran lubang hidung dan telinga kita memiliki muara di tenggorokan. Telinga dihubungkan dengan tenggorokan melalui sebuah saluran yang dinamakan tuba eustachius. Saluran ini berfungsi untuk menetralkan tekanan pada telinga tengah supaya sama dengan tekanan udara luar. Jika terdapat gangguan pada tenggorokan, nyeri juga dapat dirasakan di telinga. Jika nyeri yang Anda rasakan sangat hebat dan terjadi pada waktu lainnya, perlu ditelusuri adanya kemungkinan penyakit lain pada telinga Anda.

Kami menyarankan Anda untuk  memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis lengkap, disertai pengobatan optimal.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar