Sukses

Luka benturan Tidak Kunjung Sembuh

24 Oct 2014, 12:56 WIB
Pria, 55 tahun.

saya pernah jatuh terbentur di coran beton pada bagian pantat sekitar tahun 2004, namun sampaisaat ini bekas benturan masih luka dan sudah sering berobat ke dokter tapi tidak sembuh. bagai mana cara untuk menyembuhkan luka bekas benturan pada pantat saya? mohon solusinya!

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya izinkan kami mengajukan pertanyaan. Bagaimana deskripsi luka Anda, apakah luka terbuka atau tertutup? Apakah luka kering atau basah? Apakah luka berbentuk lebam? Apakah saat ini masih berbentuk luka atau luka sudah sembuh dan hanya bekasnya saja? Apakah Anda mempunyai riwayat diabetes?

Proses penyembuhan luka dapat terjadi dalam jangka waktu 6-12 bulan tergantung respons tiap individu, juga kondisi kesehatannya dan dipengaruhi oleh banyak faktor baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Lamanya memang bervariasi mulai dari beberapa minggu hingga beberapa bulan, yang dapat dipengaruhi oleh:

  • faktor usia, orang yang berusia lanjut umumnya memiliki tingkat penyembuhan luka yang kurang baik
  • status gizi, terutama asupan protein dan vitamin C
  • ada/tidaknya infeksi
  • ada/tidaknya penyakit penyerta lain yang dapat mempengaruhi, misal: diabetes, gangguan pembuluh darah, anemia, dsb
  • penggunaan obat-obatan yang dapat memperlambat proses penyembuhan luka, misal: obat golongan kortikosteroid, dsb

Jika kondisi tubuh Anda sehat, maka proses penyembuhan luka akan berlangsung baik. Untuk itu, sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dapat membantu proses penyembuhan luka Anda. Pastikan Anda telah mendapatkan cukup asupan protein, vitamin C, dan vitamin A, serta tidak lupa untuk tetap memperhatikan pola makan dan aktivitas Anda.

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Jika jenis luka terbuka pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari).

 

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan terdapat sedikitnya informasi terkait yang kami dapatkan terkait dengan keluhan Anda. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar