Sukses

Apakah Sinusitis Harus Dioperasi?

04 Dec 2014, 23:42 WIB
Wanita, 33 tahun.

Selamat pagi,docs.. Saya mau tanya, apakah gigi rusak yg menyebabkan sinusitis harus ditangani dengan operasi sinusitis juga? Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Sinus merupakan suatu rongga yang terdapat pada belakang hidung, mata dan dahi, dan pada keadaan normal berada pada kondisi steril. Pada keadaan sakit, dinding mukosa sinus mengalami peradangan atau pembengkakan akibat alergi, infeksi, iritasi bahan kimia, yang menyebabkan sumbatan aliran sekresi, dan jika dibiarkan akan menyebabkan timbulnya infeksi bakteri. Cairan yang tertahan tersebut akan memicu Sinusitis.

Infeksi pada gigi rahang atas dapat menjadi salah satu faktor predisposisi terjadinya sinusitis maksilaris. Sinusitis ini memiliki gejala seperti sakit kepala, demam, wajah seperti bengkak dan penuh, lemas, gigi belakang rahang atas terasa sakit dan posisi membungkuk memperhebat rasa sakit.

Dalam keadaan yang Anda alami ini dengan gigi rahang atas bermasalah sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter gigi guna memastikan apakah gigi tersebut benar menyebabkan infeksi yang kemudian menjadi pencetus sinusitis maksilaris. Sebaiknya gigi Anda yang bermasalah tambalannya terbuka dan terasa sakit tersebut juga jangan dibiarkan terlalu lama tanpa perawatan dari dokter gigi, karena dikhawatirkan keadaannya dapat menjadi lebih buruk.

Pada prinsipnya, pengobatan sinusitis ditujukan dengan mengatasi penyebabnya. Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Sementara untuk kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Yang harus dilakukan pada kasus alergi adalah menghindari pemicunya. Sehingga sangat mungkin untuk terjadi kekambuhan. 

Dalam perjalanannya, apabila sinusitis tidak diobati, infeksi kuman dari sinusitis juga dapat menyebar ke tulang sekitar rongga sinus yang terkena, mata, otak, dan paru. Namun keadaan ini dapat dicegah dengan penanganan yang cepat dan optimal. Terapi pembedahan jarang diperlukan kecuali telah terjadi komplikasi ke organ sekitar sinus. Gejala yang paling khas adalah pusing, sakit kepala dan pilek.

Untuk itu, perlu konsultasi dengan dokter THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitis dan mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai. Apakah terdapat sumbatan/obstruksi mekanik seperti kelainan bentuk pada daerah hidung ataukah karena infeksi, maupun alergi. Jika ditemukan adanya sumbatan/obstruksi mekanik, maka harus diperbaiki kelainannya. Sedangkan jika memang dicetuskan oleh infeksi akan diberikan antibiotik, dan jika karena alergi, maka hindari hal-hal yang menyebabkan alergi. 

Berikut artikel yang dapat Anda baca terkait sinusitis

Sinusitis

Demikian informasi yang kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar