Sukses

Sembuh Dari TBC

24 Oct 2014, 12:40 WIB
Pria, 24 tahun.

Dokter, yang saya ingin tanyakan ialah Setelah dinyatakan sembuh dari TBC apakah luka pada paru yang berupa bercak di paru yg nampak melalui hasil rontgen bisa hilang seiring berjalannya waktu atau tidak? Lalu apakah Air kelapa dapat berguna untuk membersihkan paru? lalu apakah meminum air kemasan botol the hijau dapat memicu TBC atu mengganggu fungsi atau kinerja Paru ataupun Jantung? Pemicu TBC apa saja dokter selain tertular?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.Hasil rontgen penderita TBC  masih dapat memberikan gambaran bercak di paru (infiltrat), terkadang itu merupakan jaringan parut hasil penyembuhan. Sampai saat ini kami belum mengetahui bukti ilmiah air kelapa dapat membersihkan paru. (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kumanMycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara dan tidak dapat dipicu oleh teh botol hijau. 

Sekalipun sudah dinyatakan sembuh, seseorang tetap dapat terkena TBC lagi. Seperti yang sudah dikatakan oleh kami sebelumnya, TBC ditularkan melalui udara, jadi yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kontak langsung. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan:

  • olahraga teratur 3x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya
  • memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan bergizi
  • istirahat cukup, tidur minimal 7-8 jam/hari
  • hindari stres

Jika Anda bekerja di tempat yang penuh asap, gunakan masker untuk menghindari asap terhirup. Paparan asap dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko penyakit saluran pernapasan dan kanker.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar