Sukses

Mendengkur dan Amandel Besar

29 Oct 2014, 14:55 WIB
Pria, 32 tahun.

salam dokter, saya mempunyai masalah dengan pernafasan saya yang saya anggap sebagai pengaruh dari amandel yang besar, disaat saya tidur saya mendengkur sangat keras dan dan ketika bangun dileher bagian belakang saya banyak keringat seperti orang yang habis berolah raga, jika saya ingin mengirimkan video saya disaat tidur bagaiman ya dokter mungkin bisa dipakai sebagai analisa kelainan yang ada didiri saya mohon petunjuk dokter, terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Bapak/Saudara yang terhormat.
Terima kasih atas pertanyaan Anda.
 
Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah anda pernah memeriksakan diri ke dokter sebelumnya? apakah ada nyeri menelan atau rasa mengganjal di kerongkongan? Beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya mengorok antara lain kelainan anatomi mulut dan sinus, konsumsi alkohol, alergi, infeksi saluran pernapasan akut, pembesaran amandel atau tonsil, dan berat badan. Dalam beberapa kasus, mengorok dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang serius seperti sleep apnea. Sleep apnea dicirikan dengan suara mengorok yang keras diikuti dengan keheningan karena pernapasan berhenti untuk sementara. Pada akhirnya, penderita akan terbangun dengan suara menarik napas yang keras. Pola napas ini terulang berkali-kali sepanjang malam, setidaknya lima kali setiap jamnya.

 

Apakah keluhan amandel besar Anda pernah diperiksakan ke dokter? Perlu diketahui apakah yang mendasari pembesaran amandel tersebut, seperti infeksi, alergi, tumor, dan lainnya, sehingga dapat dilakukan penanganan untuk mengurangi keluhan Anda. 

Untuk analisis tidur, umumnya dilakukan Sleep Study Test dimana seseorang akan dipantau saat sedang tidur, dan tidak hanya dengan video atau gambaran selama ia tidur, melainkan dilakukan pemantauan melalui sensor yang ditempel di tubuh individu tersebut untuk memantau gelombang otak, pola aliran napas, gerakan maupun tegangan otot, kadar oksigen, frekuensi nadi dan napas, dan sebagainya untuk menilai kualitas tidur seseorang dan adakah kelainan yang mendasari. 

Oleh karena itu, diperlukan wawancara medis lengkap, pemeriksaan fisik, dan penunjang oleh dokter. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis THT agar memperoleh pengobatan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.
 
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar