Sukses

Penanganan Psoriasis

27 Oct 2014, 11:15 WIB
Pria, 34 tahun.

Salam,saya saat ini mengalami psoriasis. Saya sudah mengalami sejak krg lebih 5 / 6 tahun lalu.saya bukan perokok,tdk minum2an keras,jam kerja juga tidak berlebihan.entah kenapa bisa mengalami psoriasis. Saya sudah mencoba menutup bagian bercak merah dengan plastik setelah menggunakan obat salep.tapi tidak lama kemudian banyak keringat sehingga harus dibuka kembali. Mohon info spesifik mengenai cara pengobatan ini Terimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pengobatan psoriasis memang membutuhkan kesabaran. Prinsip terapi pada psoriasis dilakukan dengan pendekatan menyeluruh (holistik) serta terpadu (integrasi) dengan mempertimbangkan berbagai faktor misalnya asupan gizi (nutrisi), perbaikan secara hormonal, fisik dan psikologis dan gaya hidup. Faktor asupan gizi berperan penting, dibutuhkan asupan makanan yang mengandung zat antiinflamasi, seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan, dan ikan segar, agar tidak mencetuskan peradangan pada kulit.

Untuk terapi obat pada psoriasis, dapat diberikan sebagai obat tunggal maupun kombinasi dengan terapi cahaya, mengurangi stres, dan klimatoterapi. Obat yang sering digunakan antara lain kortikosteroid, tar batubara, keratolitik, analog vitamin D, air mata buatan. Terapi tambahan yang dapat membantu antara lain paparan cahaya matahari, pelembab kulit, asam salisilat sebagai agen untuk mengurangi penebalan kulit. Terapi untuk psoriasis dengan gejala lebih berat antara lain cahaya UVB (utraviolet B), psoralen dengan cahaya UVA (isotretinoin), acitretin, methotrexate, cyclosporine, infliximab, etanercept, adalimumab, dan alefacept. 

Penelitian medis yang dipublikasikan tahun ini menyebutkan bahwa obat yang memiliki kandungan secukinumab yaitu obat baru yang diteliti untuk Psoriasis menunjukkan efek positif dan efektif untuk mengatasi gejala psoriasis dibandingkan dengan terapi standar yang ada saat ini. 

Terapi untuk psoriasis membutuhkan kerja sama dan kesabaran baik dari pasien maupun dokter yang menangani. Obat akan disesuaikan dengan gejala klinis, dan dapat bervariasi antar individu. Mengenai terapi yang diterapkan untuk Anda, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda agar diperoleh pengobatan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar