Sukses

Nyeri Kepala dan Nyeri Ulu Hati

04 Dec 2014, 23:37 WIB
Wanita, 25 tahun.

Assalamualaikum dok , saya martati megeluhkan sakit kepala di bagian depan terutama waktu subuh dan saat habis aktivitas , keluhan terasa sejak 2 minggu ini , dan disertai sesak juga dok ada nyeri tekan di bagian ulu hati , awalnya saya demam , dan batuk biasa dok , setelah itu baru keluhan diatas muncul tpi demam nya udah hilang. mohon penjelasannya dok oia berat badan saya menurun karna selama sakit saya tidak nafsu makan,. Terimakasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri Kepala atau dikenal dalam bahasa medisnya cephalgia/sefalgi adalah rasa nyeri atau rasa tidak enak di kepala, setempat atau menyeluruh dan dapat menjalar ke wajah, mata, gigi, rahang bawah, juga leher/tengkuk (leher bagian belakang). 

Sulit bagi kami untuk memastikan penyebab nyeri kepala yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Hal tersebut dikarenakan nyeri kepala bukanlah gejala spesifik yang menunjukkan suatu gangguan tertentu. Nyeri kepala dapat merupakan gejala yang berdiri sendiri ataupun merupakan suatu gejala dari penyakit yang lebih besar.

Seperti apa keluhan nyeri kepala yang Anda rasakan, apakah seperti diikat atau berdenyut? Adakah gejala lain seperti kesemutan/baal, kelemahan sisi tubuh, gangguan penglihatan, penurunan berat badan? Bagaimana intensitas nyeri Anda, apakah sama atau semakin lama semakin berat? Apakah saat gejala muncul Anda melihat lingkungan sekitar seperti bergoyang? apakah Anda memiliki riwayat penyait tertentu seperti hipertensi, diabetes, stroke atau penyakit lainnya? Nyeri kepala yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti migrain, sakit kepala tipe cluster, sakit kepala yang disertai kontaksi otot dan lain sebagainya.

Selain itu Anda juga mengeluhkan nyeri ulu hati. Penyebab tersering nyeri ulu hati adalah karena peyakit lambung, dimana asam lambung meningkat bisa menyebabkan keluhan nyeri perut ulu hati dan sensasi sesak nafas. Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengetahui obat yang tepat, kita harus mengetahui dulu penyakit apa yang diderita. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda memeriksakan diri ke dokter, Anda dapat pergi ke dokter umum ataupun dokter spesialis penyakit dalam. Bila perlu, dilakukan pemeriksaan darah dan pemeriksaan penunjang lainnya. Untuk memperkaya pengetahuan anda tentang penyebab dari sakit kepala, anda dapat membaca artikel klikdokter sebagai berikut:

Sakit Kepala (Headache)

Sakit Kepala Migrain

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar